PENINGKATAN DAYA SAING UMKM GULA SEMUT DUSUN TANGKISAN II MELALUI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Bachtiar Dwi Kurniawan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dimas Adi Nugroho Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Asma Munifatussaidah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5487

Abstract

Desa Hargomulyo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Desa Hargomulyo memiliki berbagai macam UMKM yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya produk unggulan UMKM Gula Semut yang dimiliki oleh masyarakat Dusun Tangkisan II. Gula Semut merupakan produk gula yang berasal dari Nira, cairan kelapa yang dapat diolah menjadi gula siap pakai. Keunggulan produk Gula Semut yakni dikarenakan berbahan dasar organik serta higienis. Akan tetapi, produk dari UMKM Gula Semut ini masih dikelola secara tradisional. Sehingga suplai produk UMKM ini terhadap pasar masih mengalami keterbatasan. Dengan upaya menekankan terhadap kualitas produk Gula Semut, hal ini dapat meningkatkan persentase penjualan dan daya saing produk. Selain itu, upaya pemasaran digital menjadi penting untuk dilakukan melihat suplai produk ke pangsa pasar yang masih minim. Tulisan ini berupaya menguraikan solusi permasalahan melalui proses pengemasan, branding dan pemasaran produk UMKM Gula Semut. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan pelatihan dan pendampingan dalam proses pengemasan, branding dan pemasaran secara digital melalui aplikasi online. Dengan demikian, produk UMKM Gula Semut mengalami peningkatan kualitas dan perluasan pasar di aplikasi perdagangan digital.

Kata Kunci: perdagangan elektronik, gula semut, pemasaran digital, usaha kecil menengah mikro (UMKM)

References

Cakranegara, P. A., Marihi, L. O., Jhon, D., Butarbutar, A., Maqfirah, A.-V., Pakawaru, I., & Id, A. B. (2022). ANALYSIS OF MSME SALES STRATEGY IN THE DIGITAL ERA under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 11(03), 2022. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Daya. (2021). 6 Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis untuk Usahamu.

Devi Maulidasari, C., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Darma Bakti Teuku Umar Darmabakti@utu.Ac.Id, 2(1).

Dihni, V. A. (n.d.). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022. Databoks.

Dwi Hadya Jayani. (2021). 96,92% Tenaga Kerja Berasal dari UMKM.

Fahmi Ahmad Burhan. (2020). Transaksi E-Commerce Naik 400%, Kominfo Latih 2.500 UMKM Jualan OnlineTransaksi E-Commerce Naik 400%, Kominfo Latih 2.500 UMKM Jualan Online.

Jogja Benih. (2015). Kelapa Bojong Bulat Produk Unggulan Kulon Progo.

Kesbangpol DIY. (2023). Urgensi Pengelolaan UMKM sebagai Bentuk Penguatan Potensi Ekonomi Daerah.

Kotler, P. A. G. (2015). Marketing: An Introduction (12th ed.). Pearson Education.

Kristianti, L. (2022, August 9). Cara Shopee siapkan UMKM unggul dan berjaya di pasar global. Antara.

Novita, D. (2021). Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online bagi UMKM Forum Ilmiah (Vol. 18).

Rahayu, L. I. E. S. E. (2019). Nilai Tambah Produk Olahan Nira Kelapamenjadi Gula Kelapa dan Gula Semut di Desa Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Urnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah , 21, 92–100.

Tristiawati Pramita. (2023). Pentingnya Desain Kemasan Bagi Nilai Jual Produk UMKM. Liputan 6.

Winarni, S. (2006). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Melalui Peningkatan Aksesibilitas Kredit Perbankan.

Yunita, D. W. A. D. Y. F. W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Journal of Sriwijaya Community Service , 2.

Downloads

Published

2023-08-16
Abstract viewed = 48 times