PROGRAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERHADAP SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Penulis

  • Herman Universitas Ahmad Dahlan
  • Imam Riadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Gusti Chandra Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Basit Adhi Prabowo Universitas Ahmad Dahlan

Abstrak

Mahasiswa Magister Informatika Universitas Ahmad Dahlan melakukan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) dengan tema Search Engine Optimization (SEO) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Berbah Sleman. Salah satu problem di dalam melakukan dakwah melalui dunia maya adalah konten tidak muncul di halaman pertama mesin pencari meskipun konten dibuat lebih dulu. PRODAMAT ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian menulis judul dan konten menerapkan SEO sehingga memperbesar peluang konten muncul di halaman pertama mesin pencari. Pelatihan ini diikuti 17 guru, 10 siswa dan satu karyawan SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sleman secara luring di laboratorium komputer sekolah. Pretest dilakukan sebelum melakukan pelatihan. Sesi pertama memberikan materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi indexing mesin pencari agar konten muncul di halaman pertama yang ditampilkan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci. Sesi pertama juga memberikan materi tentang cara menulis konten dengan template yang menerapkan SEO. Sesi kedua mempraktikkan pembuatan template yang menerapkan SEO dan menulis konten menggunakan template yang sudah dibuat. Posttest dilakukan setelah pelatihan usai. Hasil tes pretest dan post test menunjukkan bahwa nilai persentase guru meningkat 26%, persentase siswa meningkat 31% dan persentase karyawan meningkat 45%. Secara keseluruhan, nilai persentase meningkat 28%. Hasil ini mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan wawasan dan soft skill tentang penerapan SEO tanpa menggunakan tools SEO.

Referensi

Aditya, C. S. K., & Wiyono, B. S. (2021). Penerapan Search Engine Optimization dan Pelatihan Pengelolaan Website Sistem Informasi SMK Muhammadiyah 3 Malang. BAKTIMAS, 3(4), 204–213.

Asmara, R., Mubtadai, N. R., & Bimantara, V. (2021). Optimasi Mesin Pencari Buku Fiksi Berdasarkan pada Semantik Impresi. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol5No1.pp1-8

Azhar, A. (2020). Diseminasi Fatwa Tarjih, Kompetisi Dakwah, dan Internet Marketing. https://www.andiazhar.com/2020/01/diseminasi-fatwa-tarjih-kompetisi-dakwah-dan-internet-marketing.html

Bahri, S., & Novianti, Y. (2020). Pelatihan Membuat Artikel dengan Teknik Penerapan SEO (Search Engine Optimization) dan Terindeks Google. JPKM, 1(2), 1–7.

Bulus, M. (2021). Sample Size Determination and Optimal Design of Randomized/Non-equivalent Pretest-posttest Control-group Designs. Adıyaman Üniversitesi Eğitim Bilimleri Dergisi, 11(1), 48–69. https://doi.org/10.17984/adyuebd.941434

Firas Husham Al-Mukhtar, Nawzad Hamad, & Shahab Kareem. (2021). Search Engine Optimization: A Review. Journal of Applied Computer Science Methods, 17(1), 69–79.

Nihayati, N., & Farid, F. M. (2019). Kaderisasi Muhammadiyah dalam Aspek Sosial di Ambarawa Pringsewu Lampung. Profetika: Jurnal Studi Islam, 30–40. https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8946

Noor, A., Arrahimi, A. R., Sabella, B., & Sholeha, E. W. (2021). Pelatihan Optimasi Mesin Pencari (SEO) pada Konten Web Pkbm Tunas Melati Pelaihari. MEDITEG, 6, 47–54.

Nurhafina, Y., Agustiono, W., & Pramudita, Y. D. (2020). Penerapan Optimasi Media Sosial Twitter Pada Website Penjualan Online Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Teknika, 9(1), 16–24. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i1.257

RB. Hendri Kuswantoro, Adi Sucipto, Willhelmus Fillianto, Sigit Winarso, & R.M Joko Priono. (2022). Website Management Optimization to Improve Nature Tourism Manager’s Digital Marketing Capacity. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2399–2404.

Seema Patil. (2020). A Comparative SEO Techniques Analysis on Core Web Pages and its Effectiveness in Context of Google Search Engine. International Journal of Science & Engineering Development Research, 5(3), 420–428.

Sepriano, S., Adiansyah, M., & Saputra, H. (2022). Optimasi Mesin Pencari untuk Situs Berita Onine Portal Bungo. Jurnal Publikasi Ilmu Komputer Dan Multimedia, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.55606/jupikom.v1i2.452

Setiawan, A., & Noviyanto, F. (2018). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) White Hat Menggunakan Metode Link Kontekstual untuk Meningkatkan SERP di Website Infonasa.com. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 6(1), 26–37.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari, F. (2022). Pelatihan Optimasi Pemasaran Online Dengan Memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) pada Komunitas Pengusaha Muda. Aptekmas, 5(1), 16–23.

Sidqi, F. D., & Marcos, H. (2021). Optimasi Website Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page dalam Meninggkatkan Trafik Kunjungan. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 55–58. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.456

Sunardi, S., Biddinika, M. K., Furizal, F., Fawait, A. B., & Mulyana, Y. (2022). Training on Portfolio Creation and Learning Media Using Google Sites for Teachers and Students at SMK Muhamadiyah Banjar. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2801–2810.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02
Abstrak viewed = 26 times