PELATIHAN MENCEGAH DAN MENGATASI CYBERBULLYING MELALUI ETIKA DI MEDIA SOSIAL STUDY KASUS: SMK INFORMATIKA WONOSOBO

Authors

  • Sunardi Sunardi Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Herman Herman Program Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Fitriah Program Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Syifa’ah Setya Mawarni Program Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5672

Abstract

SMK Informatika Wonosobo terletak di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Sekolah ini fokus dalam memberikan pendidikan di bidang informatika. SMK Informatika Wonosobo memberikan perhatian serius terhadap masalah Cyberbullying. Cyberbullying merujuk pada tindakan yang disengaja dilakukan oleh individu atau kelompok melalui media sosial untuk menyebabkan kerugian atau penderitaan pada orang lain. Tindakan ini meliputi ancaman, pelecehan, penyebaran informasi pribadi yang tidak diinginkan. Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) Program Studi magister Informatika Universitas Ahmad Dahlan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan pelatihan yang bertujuan untuk menyadarkan pentingnya menghindari Cyberbullying dalam lingkungan sekolah. Pelatihan meliputi berbagai aspek, termasuk etika digital, pemahaman akan dampak negatif dari Cyberbullying, pentingnya menghormati privasi dan keamanan online, serta pengembangan keterampilan mengelola konflik dan empati di dunia maya. Hasil penelitian menggunakan kuisioner menunjukkan keberhasilan. Dengan skor indeks sebesar 82,16% pada skala Likert sehingga pelatihan Cyberbullying ini dapat dijadikan acuan untuk dilaksanakan di tempat yang berbeda.

 

Kata Kunci: cyberbullying, etika, media

References

Abaido, G. M. (2020). Cyberbullying On Social Media Platforms Among University Students In The United Arab Emirates. International Journal Of Adolescence And Youth, 25(1), 407–420. Https://Doi.Org/10.1080/02673843.2019.1669059

Abdul Sakban, S. A. K. T. (2018). Tindakan Bullying Di Media Sosial Dan Pencegahannya. Jisip, 2(1), 205–2014.

Cheng, L., Guo, R., Silva, Y. N., Hall, D., & Liu, H. (2021). Modeling Temporal Patterns Of Cyberbullying Detection With Hierarchical Attention Networks. Acm/Ims Transactions On Data Science, 2(2), 1–23. Https://Doi.Org/10.1145/3441141

David, D., & Situmorang, B. (2019). Menjadi Viral Dan Terkenal Di Media Sosial, Padahal Korban Cyberbullying: Suatu Kerugian Atau Keuntungan? 8(1). Https://Doi.Org/10.21009/Jppp

Fang, Y., Yang, S., Zhao, B., & Huang, C. (2021). Cyberbullying Detection In Social Networks Using Bi-Gru With Self-Attention Mechanism. Information (Switzerland), 12(4), 1–18.Https://Doi.Org/10.3390/Info12040171

Han, Z., Wang, Z., & Li, Y. (2021). Cyberbullying Involvement, Resilient Coping, And Loneliness Of Adolescents During Covid-19 In Rural China. Frontiers In Psychology, 12(June). Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.664612

Kee, D. M. H., Al-Anesi, M. A. L., & Al-Anesi, S. A. L. (2022). Cyberbullying On Social Media Under The Influence Of Covid-19. Global Business And Organizational Excellence, 41(6), 11–22. Https://Doi.Org/10.1002/Joe.22175

Listiyani, L. R., Wijayanti, A., & Putrianti, F. G. (2020). Mengatasi Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Melalui Optimalisasi Kegiatan Tripusat Pendidikan. Isbn, 2020, 266–274.

Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Dan Kaitannya Dengan Kontrol Diri Dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2018.11.2.145

Putro, H. Y. S., Rachman, A., Setiawan, M. A., & Pahri, M. (2022). Modul Digital Layanan Klasikal Melalui Platform Zedemy Untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 96. Https://Doi.Org/10.29210/020221551

Rahayu, F. S. (N.D.). Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi. 43, 22–31.

Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja Di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. Https://Doi.Org/10.31289/Analitika.V12i2.3704

Salawu, S., He, Y., & Lumsden, J. (2020). Approaches To Automated Detection Of Cyberbullying: A Survey. Ieee Transactions On Affective Computing, 11(1), 3–24. Https://Doi.Org/10.1109/Taffc.2017.2761757

Sukmawati, A., Puput, A., & Kumala, B. (N.D.). Dampak Cyberbullying Pada Remaja Di Media Sosial. In Alauddin Scientific Journal Of Nursing (Vol. 2020, Nomor 1). Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Asjn/Issue/View/1328

Syah, R., Hermawati, D. I., Yogyakarta, U. N., Penelitian, B. B., Pelayanan, P., & Sosial, K. (N.D.). Upaya Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Media Sosial di Indonesia The Prevention Efforts on Cyberbullying Case for Indonesian Adolescent Social Media Users.

Wardah Ani, N. (2022). Pelatihan Asertif Untuk Mencegah Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Di Banjarmasin. J-Abdijurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 2(1), 5285–5290.

Wulandah, S., & Wulandah, S. (2023). Fenomena Cyberbullying : Krisis Etika Komunikasi Netizen Pada Media Sosial. 387–409.

Zhong, J., Zheng, Y., Huang, X., Mo, D., Gong, J., Li, M., & Huang, J. (2021). Study of the Influencing Factors of Cyberbullying Among Chinese College Students Incorporated With Digital Citizenship: From the Perspective of Individual Students. Frontiers in Psychology, 12(March). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.621418

Zhu, C., Huang, S., Evans, R., & Zhang, W. (2021). Cyberbullying Among Adolescents and Children: A Comprehensive Review of the Global Situation, Risk Factors, and Preventive Measures. Frontiers in Public Health, 9(March), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.634909

Published

2023-12-29
Abstract viewed = 58 times