ANALISIS ISI PESAN MORAL DALAM FILM

Authors

  • Doles Indrawansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v4i1.6064

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi audiens siswa SMA terhadap pesan moral dalam Film Tarung Sarung Karya Archie Hekagery (Studi Pada Siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Utara). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan Analisis data dengan pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data (display data) dan Penarikan kesimpulan serta verifikasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Adegan dalam film Tarung adalah bahwa pesan moral yang di tangkap dari Siswa SMA terkait film Tarung Sarung yakni Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling unik, memiliki naluri dan kepribadian dalam beragama. Dalam menjalani kehidupan kita tidak terlepas dari berbagai ujian dan cobaan, untuk mengatasi problem-problem demikian tidak cukup dengan ilmu pengetahuan, manusia memiliki hati nurani yang selalu mengingatkan dalam kebaikan dan keburukan. Manusia merupakan makhluk individu yang mempunyai hasrat dan keinginan untuk meraih suatu keinginan dalam hidupnya, baik lahiriah maupun batiniah. Manusia ketika diciptakan sudah dilengkapi dengan segala daya kemampuan akal budi, hati nurani dan kebebasan. Selain sebagai mahluk individu, manusia juga adalah mahluk sosial yang pada dasarnya saling membutuhkan. Didalam kehidupan bermasyarakat, manusia hendaknya berbaur dan saling tolong menolong antar sesama tanpa membeda-bedakan. Siswa SMA dalam mengkomsumsi media dalam hal ini film tarung tidak hanya sebtas pemenuhan kebutuhan informaqsi dan hiburan tetapi juga ada proses resepsi di lakukan dimana mereka memaknai dan menginterpretasikan isi media

Keywords :Resepsi, Pesan Moral, Film

 

Downloads

Published

2023-12-31
Abstract viewed = 46 times