ANALISIS STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @SR12BEAUTYCENTRE.ID KLINIK ELSKO DISTRIBUTOR BENGKULU)

Penulis

  • Deka Mayang Sari Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Riswanto Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i2.7229

Abstrak

Strategi komunikasi pemasaran online sangat diperlukan guna tercapainya suatu tujuan penjualan khususnya melalui media sosial instagram pada akun instagram @sr12beautycentre.id, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran online akuninstagram @sr12beautycentre.id pada klinik Elsko distributor Sr12 herbal Bengkulu. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan pisau analisis terhadap konsep teori strategi komunikasi pemasaran yaitu IMC (Integreatad Marketing Communication). Subjek informan dalam penelitian ini adalah owner dari klinik Elsko sr12 herbal Bengkulu, 4 orang karyawan, dan 3 orang konsumen aktif pada klinik Elsko. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung berupa observasi dan wawancara secara mendalam kepada narasumber guna mendapatkan hasil yang relevan dan sesuai dengan tujuan penelitian, serta dokumentasi menjadi pelengkap dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran online yang dilakukan klinik Elsko yaitu pemasaran umum dengan melakukan kegiatan seperti membuat iklan ataupun konten-konten yang memanfaatkan fitur dari aplikasi instagram, strategi responlangsung dengan memberikan respon yang baik kepada konsumen, melakukan live pada platfrom media sosial instagram, promosi penjualan yaitu dengan memberikan penawaran terbaik baik berupa cash back sebesar 100 ribu setiap belanja datas 500 ribu, potongan harga, gratis treatmen, dan Publik relation yang telah dilakukan yaitu dengan cara menjalin hubungan antara perusahan dengan konsumen seperti menyimpan kontak WA ataupun followers dari akun media sosial instagram untuk memberikan informasi kepada pihak internal ataupun eksternal dengan melakukan komunikasi secara online

Kata Kunci : 
Strategi, komunikasi Pemasaran Online, informan, dan Sr12 Bengkulu

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2024

Cara Mengutip

Sari, D. M. ., & Riswanto, R. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @SR12BEAUTYCENTRE.ID KLINIK ELSKO DISTRIBUTOR BENGKULU). Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 5(2), 51–65. https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i2.7229
Abstrak viewed = 17 times