PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU

Authors

  • Riswanto Riswanto PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3071

Abstract

Pendidikan mempunyai arti penting dalam memajukan suatu negara, maka dari itu di negara Indonesia telah banyak berdiri lembaga-lembaga pendidikan negeri maupun swasta mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), menengah hingga perguruan tinggi. Perguruan tinggi sendiri dapat berbentuk Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, dan Universitas. Dengan semakin berkembangnya zaman serta dengan semakin besarnya persaingan antar perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada. Serta semakin agresif beberapa perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan  promosi untuk berkompetisi menarik simpati calon mahasiswa. Sehingga berbagai bentuk maupun cara digunakan dalam kegiatan promosi. Persaingan perguruan tinggi makin ketat ditandai dengan terus bertambahnya jumlah perguruan tinggi baik untuk sekala nasional maupun di daerah. Universitas Muhammadiyah Bengkulu merupakan salah satu Perguruan tinggi Swasta di Provinsi Bengkulu yang di kelola oleh Yayasan Muhammadiyah. Sebagai perguruan Tinggi Swasta yang sebagian besar sumber dananya dari mahasiswa menuntut keseriusan bagi pengelola perguruan tinggi untuk menarik simpati calon mahasiswa.â€Penerapan strategi komunikasi pemasaran program studi komunikasi penyiaran islam dalam menarik minat calon mahasiswa baruâ€. Metode yang digunakan yaitu kualitatif.  Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang paling ektif yaitu melalui strategi periklanan dengan menggunakan berbagai media seperti: brosur, pamflet, poster, baliho, radio Jazirah UMB. promosi penjualan (sales promotion), personal selling, strategi mulut ke mulut (word of mouth). Strategi komunikasi pemasaran lainnya seperti Promosi Penjualan (Sale Promotion), Public relation, Direct Marketing dikembalikan kepada pihak universitas dalam pelaksanaanya

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Promosi

References

Akdon. (2006). Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan.Bandung:

ALFABETA

Buchari Alma. (2009). Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. CV. Bandung:

ALFABETA

Cresswell. W Jhon. (2013). Research Design. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR

Danang, Sunyoto. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Yogyakarta: CAPS

Daryanto. (2008). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Deddy Mulyana, dkk. (2011). Ilmu Komunikasi (sekarang dan Tantangan Masa Depan). Jakarta: KENCANA

Jefkins, Frank. (1995) Public Relations, Surabaya: Erlangga

Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta Erlangga.

Kotler dan Gery Amrstrong. (2004). Marketing An Introduction, Third Edition, New Jersey: Prentice- Hall, Inc

Morrisan. (2010). Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta: KENCANA

Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Nurul Zuriah. (2006). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan: teori-aplikasi.

Jakarta: Bumi Aksara.

M. Ngalim Purwanto. (1987). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemanagara. (2012). Strategic Communication (Konsep Strategi dan

Terapan). Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (mix Methods). Bandung:

Alfabeta

Noviyanti. (2007). Strategi Promosi Lembaga Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rudy. (2005). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: Refika Aditama.

Shiroth. (2008). Merancang Strategi Bauran Komunikasi dan Promosi.

Tiera. (2012). Strategi Promosi Universitas Swasta Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Corporate Marketing Communication Universitas Bina Nusantara Jakarta). Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Lexy J, Moleong.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lexy J, Moleong.2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra

Ilmu.

Morissan. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muhammad, As'adi. 2009. Cara Pintar Promosi Murah dan Efektif. Yogyakarta:

Gerai Ilmu. PT Gramedia

Downloads

Published

20-11-2020

How to Cite

Riswanto, R. (2020). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU. J-SIKOM, 1(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3071

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 259 times