PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM WALHI BENGKULU SARANA KAMPANYE LINGKUNGAN

Authors

  • M Maulana Ahmad Al H Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i2.5832

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Upaya WALHI Bengkulu dalam Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai media kampanye mereka dengan menggunakan teori Uses and Gratification. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif adalah suatu metide penelitian dimaksud untuk menuliskan realita sosial yang kompleks sedemikian. Dalam hasil penelitian terhadap upaya WALHI Bengkulu dalam memanfaatkan Instagram terlihat sangat relatif dan efisien. Tujuan Penelitian Pemanfaatan Media Sosial Instagram WALHI Bengkulu melihat bagaiman upaya WALHI Bengkulu dalam berkampanye melalui media sosial Instagram digabungkan berlandaskan teori Uses and Gratification dengan memiliki 4 motif dalam teori tersebut. Motif Informasi yang dimana pengguna sebagai penyaluran untung pengetahuan atau memberi pesan terhadap suatu informasi, Motif Identitas pribadi merupakan individual atau kelompok yang dinobatkan sebagai pengguna, Motif Pelaku dan Interaksi sosial bentuk dari Gratiffication yaitu agar adanya perubahan yang di alami atau rasakan ketika mendapatkan informasi dari pengguna, Motif hiburan suatu bentuk kepuasan atas pencapaian yang di inginkan Pelaku. Dengan menggunaka fitur di Instagram memudahkan WALHI Bengkulu dalam menyebarkan Informas atau pesan secara luas.

Keywords
Media Sosial, New Media, Komunikasi Politik, Komunikasi Organisasi, WALHI

Published

27-10-2023

How to Cite

Ahmad Al H, M. M. ., & Yuliani, H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM WALHI BENGKULU SARANA KAMPANYE LINGKUNGAN. J-SIKOM, 4(2), 29–45. https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i2.5832
Abstract viewed = 44 times