PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP TREND FASHION PADA MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019 PADA MAHASISWA PRODI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Evi Yunita
  • Hafri Yuliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i1.5629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Trend Fashion Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang di gunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data merupakan tahapan yang telah di tempuh oleh peneliti untuk menyimpulkan makna terhadap data yang telah di kumpulkan. Penelitian ini menggunakan teori Determinasi Teknologi sebagai pisau analisis dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana terknologi berupa Media Sosial Tik-Tok mempengaruhi gaya hidup manusia terutama dari Trend Fashion.

Hasil Penelitian ini Pengaruh penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Trend FashionIdilakukan dengan menggunakanIUji t. Diperoleh nilai t sebesar -8.208IdenganInilai p sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa Iada pengaruh yang berarti antara Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Trend Fashion.

Hasil uji ANOVA atau uji F, didapat nilai F hitung sebesar 67,368 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05Imaka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi Trend Fashion. Artinya semakin sering menggunakan Media Sosial Tik-Tok maka semakin orang terpengaruh oleh Trend Fashion, sebaliknya semakin jarang menggunakan Media Sosial Tik-Tok maka orang tidak terpengaruh oleh Trend Fashion

Keywords

Pengaruh, Media Sosial, Tik-Tok, Trend Fashion

Downloads

Published

16-08-2023

How to Cite

Yunita, E., & Yuliani, H. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP TREND FASHION PADA MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019 PADA MAHASISWA PRODI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. J-SIKOM, 4(1), 49–62. https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i1.5629
Abstract viewed = 665 times