ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM KONTEN AKUN INSTAGRAM @MUHAMMADNUZULDZIKRI
DOI:
https://doi.org/10.36085/joiscom.v5i2.7266Abstrak
Berdakwah merupakan aktivitas mengajak individu ke arah perilaku yang terpuji dan mencegah mereka dari perilaku tercela yang merupakan aspek mendasar dari ajaran Islam. Dakwah saat ini tidak hanya dilakukan diatas mimbar saja, namun juga dapat dilakukan di media social, contonya yaitu Instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan isi pesan dakwah video motion graphic yang terdapat pada akun Instagram @muhammadnuzuldzikri selama periode Juni 2023 sampai dengan November 2023. Kerangka teori pesan dakwah yang digunakan dalam penelitian ini bersumber oleh Samsul Munir Amin, dan teori analisis isi dari Neuendorf dan Krippendorff. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat sejumlah 19 video motion graphic selama periode Juni 2023 sampai dengan November 2023. Yang terdapat 3 kategori pesan dakwah, yaitu akidah, syariah dan akhlak. Dari 3 kategori tersebut terdapat beberapa jenis pesan, yang pertama akidah sebanyak 4 pesan, yaitu pesan dakwah yang berisi tentang iman kepada Allah SWT, iman kepada Rasulullah saw, iman kepada kitab-kitab Allah SWT, dan iman kepada Qadha dan Qadar. Kedua, kategori syariah sebanyak 8 pesan yaitu pesan dakwah yang berisi tentang dzikir kepada Allah SWT, mengingat Allah di bulan Al-Muharram, mengamalkan sunnah Nabi di bulan Al-Muharram, mengamalkan puasa Asyura, mengamalkan puasa Sunnah, mengamalkan puasa tanggal 9 bulan Al-Muharram, amalan orang yang akan berqurban dan amalan hari Arafah. Dan kategori akhak sebanyak 7 pesan diantaranya pesan dakwah yang berisi tentang akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap sesama manusia.
Kata Kunci : Analisis isi, Instagram, Motion graphic, Pesan dakwah