MINAT MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DALAM MELAKUKAN DAKWAH DENGAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM

Penulis

  • Akbar Aziz Efendi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rasman

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar belakang penelitian ini adalah Minat Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Dalam Melakukan Menggunakan Instagram, hal tesebut berdasarkan pengamatan dan observasi yang telah peneliti lakukan kepada mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam dengan 52 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam hanya 10 orang yang sudah melakukan dakwah menggunakan instagram atau dengan presentase 19,2% dari 52 orang tersebut. Komunikasi massa adalah suatu proses dimana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, hal tesebut menjadi landasan teori dalam pemanfaatan instagram sebagai salah satu media masa yang menjadi alat untuk berdakwah Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Dimana penelitian ini memilih pada analisis kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data perimer dan sekunder. Hasil dari 52 orang mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam dapat disimpulkan berdasarkan hasilanalisisdatadanpembahasanyang telah dilakukan, bahwa minat mahasiswa komuniaksi dan penyiaran islam dalam melakukan dakwah menggunakan instagram sangatlah tinggi. Hasil tersebut berbanding terbalik dari hasil observasi awal yang di lakukan peneliti yaitu masih sangat rendahnya minat mahasiswa dalam melakukan dakwah menggunakan instagram, Setelah peneliti melakukan penelitian lebih lanjut dan menyebar kuisioner kepada responden dan di dapati hasil setelah data-data dari responden tersebut di olah maka terjadinya peningkatan minat mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam dalam melakukan dakwah menggunakan instagram, yaitu pada saat observasi mahasiswa yang sudah melakukan dakwah menggunakan instagram hanya 10 orang atau dengan persentase 19,2% dan setelah peneliti melakukan penelitian dan mengumpulkan data melalui kuisioner dan di olah menggunakan SPSS versi 22.0 minat mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam dalam melakukan dakwah dengan menggunakan instagram meningkat menjadi 51,8%. Berdasarkan nilai presentase tersebut dapat di simpulkan bahwa minat mahasiswa komuniaksi dan penyiaran islam dalam melakukan dakwah menggunakan instagram meningkat 51,8% yang pada saat observasi hanya 19,2% dan berada pada kategori “sangat tinggi” dilihat dari persentase jawaban responden.

 

Kata Kunci : Dakwah, Instagram, Minat

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Akbar Aziz Efendi, & Rasman. (2024). MINAT MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DALAM MELAKUKAN DAKWAH DENGAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 5(1), 1–9. Diambil dari https://jurnal.umb.ac.id/index.php/joiscom/article/view/6362
Abstrak viewed = 21 times