STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENYIAR DI LPPL RADIO KHARISMA 95,6 FM BENGKULU UTARA

Penulis

  • Rasman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Renti Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Efrina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mukhlizar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v6i1.8110

Abstrak

Media massa memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat modern, termasuk radio yang tetap relevan di era digital. LPPL Radio Kharisma 95,6 FM Bengkulu Utara sebagai lembaga penyiaran publik lokal terus berupaya meningkatkan kualitas siarannya melalui peningkatan kualitas penyiar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas penyiar di Radio Kharisma. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radio Kharisma menerapkan strategi komunikasi yang meliputi perekrutan dengan kriteria tertentu, pelatihan rutin, evaluasi berkala, pemberian motivasi, dan komunikasi interpersonal yang intensif antara manajemen dan penyiar. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme penyiar, menjaga eksistensi radio, serta memperkuat hubungan dengan audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan manajemen sumber daya manusia di bidang penyiaran radio lokal.

Kata kunci: Strategi komunikasi, penyiar radio, LPPL Radio Kharisma, peningkatan kualitas, media massa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Rasman, Renti Putri, Eti Efrina, & Mukhlizar. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENYIAR DI LPPL RADIO KHARISMA 95,6 FM BENGKULU UTARA. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 6(1), 10–16. https://doi.org/10.36085/joiscom.v6i1.8110
Abstrak viewed = 0 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>