ANALISIS MAKNA TERHADAP BARANG BRANDED THRIFTING OLEH GENERASI Z: STUDI KASUS PEMBELI DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/idea.v3i2.8064Kata Kunci:
trifthing, masyarakat konsumtifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna generasi Z terhadap barang thrifting branded. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus adalah generasi Z yang membeli barang branded trhifting di Pasar Panorama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik snowball untuk mendapatkan informan, yang mana peneliti mendapatkan informan melalui rekomendasi oleh informan kunci. Data penelitian ini didapatkan melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di analisis melalui tahap reduksi data, penyajian. Hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai fenomena thrifting, didapatkan hasil bahwa generasi Z memaknai barang branded thrifting sebagai simbol dalam meningkatkan status sosial mereka, dan memberikan pengakuan dari masyarakat serta sebagai ajang mengekspresikan diri. Temuan peneliti meunujukkan bahwa generasi Z tidak hanya tertarik pada aspek fungsional dari barang tersebut, tetapi juga nilai simbolik yang melekat pada merek tersebut. Dengan menggunakan barang branded hasil thrifting, mereka bisa mengekspresikan diri mereka dan menunjukkan citra kelas atas
Referensi
aninda, R. H., & Adiprabowo, V. D. (2024). Thrifting Consumer Communication Experience in Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(06), 1307–1317. https://doi.org/10.59141/jiss.v5i06.1138
Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Siagian, M., & Yuniati. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam. Dan Lifestyle Terhadap Keputusan…. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 215–225.
Sifa, M. A. (2024). Perilaku Konsumen Generasi Z dalam Era E - Commerce : Studi Kasus tentang Belanja Online dalam. 6(1), 274–286.
Soenaryo, T. F., Bakti, M. I. P., Gleetus, A., & Yanto, H. D. (2024). Budaya Thrifting dalam Membentuk Daya Konsumsi Remaja. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 324–335. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.765
Wardhana, A. (2021). Brand Manajement In The Digital Era- Edisi Indonesia (M. Perdana (ed.); 1st ed.). Eureka Media Aksara.
Yundarini, D. A. S., Punia, I. N., & Mahadewi, N. M. A. S. (2023). Perilaku konsumtif thrifting online mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana pada media instagram. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 3(1), 1–13.

