EVALUASI PROGRAM BANTUAN BUDIDAYA IKAN LELE TERPAL DIMASA COVID-19 (Studi di Desa Lubuk Sirih Ulu Kec. Kota Manna Kab. Bengkulu Selatan)

Authors

  • Endi Setiawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/idea.v1i02.4804

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menhadapi permasalahan yang disebabkan oleh covid-19 Pemerintah Desa Membuat Program Bantuan Budidaya Ikan Lele Terpal Dimasa Covid-19, penelitian ini yang bertujuan  untuk Mengetahui Hasil Evaluasi Penyebab Ketidakberhasilan Program Bantuan Budidaya Ikan Lele di Desa Lubuk Sirih Ulu Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan pada masa covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif, yaitu Metode yang melakukan analisis, kata-kata interpretasi, dan hasil interview bertujuan untuk menemukan makna dari satu fenomena.  Teknik pengumpulan data mengunakan Tenik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model intraktif Miles dan Huberman.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada beberpa Empat indikator yang menyebabkan ketidakberhasilan program bantuan budidaya ikan lele terpal dimasa covid-19 ini, yaitu pada proses perencanaan program ini dibuat secara Top Down bukan hasil dari ide masyarakat. sehingga sulit masyarakat menjalankan dan beradaptasi dengan program bantuan budidaya ikan lele terpal ini, kemudian untuk proses sosialisai walaupun suda dilakukan proses sosialisasi masih banyak masyarakat yang belum memahami sehingga membuat program ini menjadi terhambat ketika proses pelaksanaan hal ini juga akan berpengaruh pada proses pengelolahan hal ini kemudian menyebabkan belum tercapainya tujuan dari Program Bantuan Budidaya Lele untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Lubuk Sirih Ulu Dimasa Covid-19.

Kata Kunci: Program Bantuan Budidaya Ikan Lele Terpal Dimasa Covid-19.

IDEA Volume 1 No 1 Edisi Desember 2022

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Setiawan, E., & Ledyawati. (2022). EVALUASI PROGRAM BANTUAN BUDIDAYA IKAN LELE TERPAL DIMASA COVID-19 (Studi di Desa Lubuk Sirih Ulu Kec. Kota Manna Kab. Bengkulu Selatan). JURNAL ILMIAH IDEA, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.36085/idea.v1i02.4804
Abstract viewed = 26 times