REPRESENTASI MAKAN ENAK DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Pada : Akun Instagram @Bengkuluculinary

Authors

  • Hafri Yuliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eceh Trisna Ayuh Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/idea.v1i02.4825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media sosial berperan  dalam  refresentasi  makan  enak.  Teori  yang digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  uses  and  gratification.    Pemilik  akun  Instagram @bengkuluculinary  menggunakan  Instagram  sebagai  media  untuk  bisa merepresentasikan mengenai produk yang layak dan enak untuk di konsumsi  serta  menajdikan  Instagram  sebagai  media  promosi.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaitf dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpuland ata dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : media sosial Instagram  mampu menjadi salah satu media promosi dengan mengedepankan tampilan visual dengan keterangan atau caption    serta menonjolkan kekuatan pada foto dan video yang mampu memberikan daya Tarik dari produk dan tempat yang di review. Representasi pada gambar menjelaskan    mengenai realitas yang ditampilkan   melalui   kode-kode,   symbol,   makna   dan   tanda   yang ditampilkan melalui foto dan video yang di upload oleh akun intagram @bengkuluculinary. Representasi makan enak telah di gambarkan oleh akun  instagram  @bengkuluculinary,  setiap  foto    video  ,  feed       dan instastory telah menggambarkan realitas makan enak yang menarik untuk bisa di kunjungi dan di nikmati. Adapun cara yang dilakukan sehingga produk yang di review  menjadi bahan pertimbangan pembeli untuk bisa tertarik adalah sebagai berikut: 1.Detail tampilan pada foto 2.Keterangan pada foto (caption), 3.Stabil memposting produk4.Promosi terbaru

Published

30-12-2022 — Updated on 22-06-2023

How to Cite

Yuliani, H., Trisna Ayuh, E. ., & Ledyawati. (2023). REPRESENTASI MAKAN ENAK DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Pada : Akun Instagram @Bengkuluculinary. JURNAL ILMIAH IDEA, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.36085/idea.v1i02.4825
Abstract viewed = 83 times