REPRESENTASI MAKAN ENAK DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Pada : Akun Instagram @Bengkuluculinary
DOI:
https://doi.org/10.36085/idea.v1i02.4825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media sosial berperan dalam refresentasi makan enak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification. Pemilik akun Instagram @bengkuluculinary menggunakan Instagram sebagai media untuk bisa merepresentasikan mengenai produk yang layak dan enak untuk di konsumsi serta menajdikan Instagram sebagai media promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaitf dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpuland ata dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : media sosial Instagram mampu menjadi salah satu media promosi dengan mengedepankan tampilan visual dengan keterangan atau caption serta menonjolkan kekuatan pada foto dan video yang mampu memberikan daya Tarik dari produk dan tempat yang di review. Representasi pada gambar menjelaskan mengenai realitas yang ditampilkan melalui kode-kode, symbol, makna dan tanda yang ditampilkan melalui foto dan video yang di upload oleh akun intagram @bengkuluculinary. Representasi makan enak telah di gambarkan oleh akun instagram @bengkuluculinary, setiap foto video , feed dan instastory telah menggambarkan realitas makan enak yang menarik untuk bisa di kunjungi dan di nikmati. Adapun cara yang dilakukan sehingga produk yang di review menjadi bahan pertimbangan pembeli untuk bisa tertarik adalah sebagai berikut: 1.Detail tampilan pada foto 2.Keterangan pada foto (caption), 3.Stabil memposting produk4.Promosi terbaru