PELATIHAN PENGGUNAAN MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i2.6793Abstrak
Mobile Assisted Language Learning (MALL) adalah pendekatan dalam pembeajaran Bahasa Inggris yang memanfaatkan teknologi mobile seperti smarthphone dan tablet. Kemampuan Bahasa Inggris (English Skill) yaitu speaking, listening, reading dan writing dapat dilatih melalui berbagai aplikasi yang tersedia. Namun, masih banyak mahasiswa yang kurang memiliki pengetahuan tentang banyakmya aplikasi yang tersedia dan cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut dalam meningkatkan skill Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode workshop yang diikuti oleh 20 orang peserta mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado. Dilaksanakannya kegiatan ini memberikan dampak positif kepada peserta yaitu menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan aplikasi berbasis MALL yang ada sehingga pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya terpaku selama di kelas, namun juga dapat dilakukan secara mandiri dan fleksibel.
Referensi
Al-Shehab. (2020). The Role of Mobile-assisted Language Learning (MALL) in Enhancing the Writing Skills of Intermediate IEP Students: Expectations vs Reality. Language Teaching Research Quarterly, Vol.20, 1–18.
Amalia. S, R., Rut, W., & Wulandari, M. (2024). Pelatihan dan Simulasi TOEFL sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris di UKM Bahasa Politeknik Negeri Manado. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, 1(1), 62-68. Retrieved from https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/943
Arvanitis dan Krystalli. (2020). Mobile Assisted Language Learning (MALL): Trends from 2010 to 2020 Using Text Analysis Techniques. European Journal of Education. Volume 4, Issue 1, 13-22.
Azli, W. U. A. W., Shah, P. M., & Mohamad. (2018). Perception on the Usage of Mobile Assisted Language Learning (MALL) in English as a Second Language (ESL) Learning among Vocational College Students. Creative Education. Volume 9(1), 84–98.
Losi, R. V., Putra, E., Rosida, S., Sendy, B., & Indriani, R. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Mobile-Assisted Language Learning (Mall) Sebagai Media Belajar Digital Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Inggris Remaja Di Desa Besilam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(3), 566-578.
Maisarah, I., Yunita, W., & Azwandi, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Lubuk Linggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1077-1081.
Rahmawati, W. T., Harahap, Y. M., Ginting, R., Anggraini, P. R., & Maulana, A. A. (2023). Pengenalan Mobile Assisted Language Learning (MALL) untuk Berlatih Pronunciation. JOURNAL OF TRAINING AND COMMUNITY SERVICE ADPERTISI (JTCSA), 3(2), 50-56.
Widhiatama, D. A., & Dangin, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Inggris secara Inovatif Di Kelas untuk Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Bantul: Training on the Use of Technology for Innovative Teaching in English Classes for MGMP Teachers in Bantul District. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 400–405. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i4.1877
Wulandari, M. F., & Irfiani, B. (2023). Enhancing Business Management Students' English Vocabulary through Quizlet: Exploring Classroom Action Research. JET (Journal of English Teaching), 9(3), 350-360.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.