PELATIHAN PENGGUNAAN MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MANDIRI

Authors

  • Mega Fitri Wulandari Politeknik Negeri Manado
  • Irfiani Bakri Politeknik Negeri Manado
  • Reski Amalia S Politeknik Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i2.6793

Abstract

Mobile Assisted Language Learning (MALL) adalah pendekatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang memanfaatkan teknologi mobile seperti smarthphone dan tablet. Kemampuan Bahasa Inggris (English Skill) yaitu speaking, listening, reading dan writing dapat dilatih dengan pendekatan tersebut, yaitu melalui berbagai aplikasi MALL yang tersedia dan dapat diamanfaatkan secara gratis. Namun, masih banyak mahasiswa yang kurang memiliki pengetahuan  tentang banyakmya aplikasi yang tersedia dan cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut dalam meningkatkan skill Bahasa Inggris. Sehingga kegiatan ini perlu dilaksanakan agar mahasiswa dapat memanfaatkan MALL secara maksimal. Kegiatan ini dilaksanakan   dengan metode workshop yang diikuti oleh 20 orang peserta mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado. Hasil dari kegiatan ini yaitu memberikan dampak positif kepada peserta yaitu menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan aplikasi berbasis MALL yang ada. Peserta tidak hanya mendapat pengetahuan teori namun melakukan praktik langsung dengan pendampingan oleh tim pengabdian. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya terpaku selama di kelas, namun dapat juga dilakukan secara mandiri dan fleksibel dimanapun dan kapanpun.

Kata Kunci: Pelatihan, Bahasa Inggris, MALL

References

Al-Shehab. (2020). The Role of Mobile-assisted Language Learning (MALL) in Enhancing the Writing Skills of Intermediate IEP Students: Expectations vs Reality. Language Teaching Research Quarterly, Vol.20, 1–18.

Amalia. S, R., Rut, W., & Wulandari, M. (2024). Pelatihan dan Simulasi TOEFL sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris di UKM Bahasa Politeknik Negeri Manado. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, 1(1), 62-68. Retrieved from https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/943

Arvanitis dan Krystalli. (2020). Mobile Assisted Language Learning (MALL): Trends from 2010 to 2020 Using Text Analysis Techniques. European Journal of Education. Volume 4, Issue 1, 13-22.

Azli, W. U. A. W., Shah, P. M., & Mohamad. (2018). Perception on the Usage of Mobile Assisted Language Learning (MALL) in English as a Second Language (ESL) Learning among Vocational College Students. Creative Education. Volume 9(1), 84–98.

Losi, R. V., Putra, E., Rosida, S., Sendy, B., & Indriani, R. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Mobile-Assisted Language Learning (Mall) Sebagai Media Belajar Digital Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Inggris Remaja Di Desa Besilam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(3), 566-578.

Maisarah, I., Yunita, W., & Azwandi, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Lubuk Linggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1077-1081.

Rahmawati, W. T., Harahap, Y. M., Ginting, R., Anggraini, P. R., & Maulana, A. A. (2023). Pengenalan Mobile Assisted Language Learning (MALL) untuk Berlatih Pronunciation. JOURNAL OF TRAINING AND COMMUNITY SERVICE ADPERTISI (JTCSA), 3(2), 50-56.

Widhiatama, D. A., & Dangin, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Inggris secara Inovatif Di Kelas untuk Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Bantul: Training on the Use of Technology for Innovative Teaching in English Classes for MGMP Teachers in Bantul District. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 400–405. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i4.1877

Wulandari, M. F., & Irfiani, B. (2023). Enhancing Business Management Students' English Vocabulary through Quizlet: Exploring Classroom Action Research. JET (Journal of English Teaching), 9(3), 350-360.

Published

2024-09-14
Abstract viewed = 96 times