EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA DINI DI TKIT ASRI
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6211Abstrak
Menurut peneliti World health Organization prilaku mencuci tangan pakai sabun dan air bersih bersih dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit. cuci tangan pakai sabun (CTPS) bila dipraktikkan secara tepat dan benar juga merupakan cara termudah dan efektif untuk mencegah berjangkitnya penyakit Berikut metode pelaksanaan edukasi 6 langkah cuci tangan pakei sabun dengan air mengalir. Tahap I Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan Pakei Sabun Dengan Air Mengalir . Tahap II Praktek 6 Langkah Mencuci Tangan Pakei Sabun Dengan Air Mengalir. Tahapan III Evaluasi merupakan tahap terakhir terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil yang dicapai dari kegiatan edukasi ini diantaranya pengetahuan siswa/i meningkat setelah tim memaparkan materi dan mempraktikan 6 langkah cuci tangan secara langsung 85% siswa/I mengetahui cara mencuci tangan dengan benar setelah dipraktikan langsung. Ini menunjukkan Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan berhasil. Dari perkenalan tim pengabdi, menjelaskan materi, mempraktikan secara langsung, dan saat bermain kuis dan beryanyi.. Terlihat siswa/i memperhatikan dan melakukan praktik dengan benar dan sungguh-sungguh sesuai dengan yang diarahkan. Setelah terlaksananya program ini, diharapkan siswa/i TKIT Asri lebih sadar terhadap pola hidup bersih dan sehat, terutama dalam menerapkan kebiasaan cuci tangan sesuai
Referensi
Ashari, E. (2020). Knowledge , Attitude and Practice of Handwashing With Soap in Grade V Children of Primary Schools Through Handwashing With Soap. Erwin Ashari, 10(1).
Asthiningsih, WiwiWayan, N., & Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 84–92.
Febriawati, H., Angraini, W., Oktarianita, O., & Rizal, A. F. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(4), 1412–1426. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i4.8947
Hasanah, U., & Mahardika, D. R. (2020). Edukasi Prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Dini untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–9.
Listiadesti, A. U. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tahta Media Grup.
Nasir, N. M., Farah, W., Desilfa, R., Khaerudin, D., Safira, Y., & Virlian, V. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sd Di Tangerang Selatan. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 45. https://doi.org/10.24853/assyifa.1.1.45-49
Nur Hudzaifah, A. A. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Praktek Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Panti Asuhan Aisyiyah Jakarta Pusat. JakHKJ, 7(1), 1–8.
Nurfadillah. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). Jurnal Pengabdi Kesehat Masyarakat, 1(1).
Sholeha, E., & Widiyastuti, A. (2021). Membangun dan melatih karakter disiplin dan rasa empati pada anak usia dini di TKIT YAPIDH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5221–5227.
Ulya, U., Mulfah, L., Nuha, U. A., Nursapitri, M., Affia, R. M., & Rahman, I. (2022). Program Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan pada Anak Di MI Al – Hidayah Kelurahan Cirendeu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.