EDUKASI KESEHATAN GIGI SEJAK USIA DINI PADA SISWA DI TKIT ASRI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Zulaikha Agustinawati STIKES AL Su’aibah
  • Achmad Faisal Rizal STIKES AL Su’aibah
  • Rina Meiliyanawati STIKES AL Su’aibah
  • Henni Febriawati STIKES AL Su’aibah

Keywords:

Edukasi, Kesehatan, Gigi

Abstract

Edukasi kesehatan gigi sejak usia dini merupakan faktor yang membentuk kebiasaan perawatan gigi yang baik dan mencegah masalah kesehatan gigi di masa depan. Pengabdian masyarakat ini mengkaji penerapan metode edukasi kesehatan gigi di TKIT ASRI dengan menggunakan boneka tangan, phantom gigi, dan pemeriksaan gigi sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Edukasi ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Boneka tangan digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi mengenai perawatan gigi dengan cara yang menarik. Melalui sesi bercerita dengan menggunakan boneka tangan, anak-anak dapat lebih mudah memahami informasi tentang  perawatan gigi yang baik. Selain itu, praktik menggosok gigi dilakukan dengan menggunakan phantom gigi. Model ini memungkinkan anak-anak untuk berlatih cara menyikat gigi yang benar secara langsung, memberikan mereka kesempatan untuk berlatih dengan umpan balik yang langsung dari pengajar. Penggunaan phantom gigi ini bertujuan untuk memperlihatkan secara praktis bagaimana cara menggosok gigi yang efektif dan mencegah masalah gigi seperti plak dan karies. Sebagai bagian dari program ini, pemeriksaan gigi  juga dilaksanakan untuk memperkenalkan anak-anak pada pentingnya kunjungan ke dokter gigi. Proses pemeriksaan ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak dengan lingkungan klinis dan mengajarkan mereka tentang pemeriksaan gigi sebagai bagian dari perawatan kesehatan gigi yang teratur. Metode ini diharapkan dapat mengatasi tantangan dalam mengajarkan kesehatan gigi kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sehingga membantu mereka mengembangkan kebiasaan perawatan gigi yang baik sejak usia dini dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Amila, & Hasibuan, E. K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Abdimas Mutiara, 1, 1.

Ardayani, T., & T Zandroto, H. (2020). Deteksi Dini Pencegahan Karies Gigi Pada Anak dengan Cara Sikat Gigi di Paud Balqis, Asifa dan Tadzkiroh Di Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 59–67. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.33

BUDIARTI, S. N. I. (2021). Meningkatkan Kesehatan Anak Melalui Pembiasaan Sikat Gigi Di Tk Negeri Pakunden. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 117–123. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.65

Febriawati, H., Angraini, W., Oktarianita, O., & Rizal, A. F. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(4), 1412–1426. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i4.8947

Gerung, A. Y., Wowor, V. N. S., & Mintjelungan, C. N. (2021). Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut Siswa SD Dengan dan Tanpa Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). e-GiGi, 9(2), 124. https://doi.org/10.35790/eg.9.2.2021.32958

Gueslau, A., & Pebriawati, H. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat. Ihsan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15268

Hanif, F., & Prasko, P. (2018). the Difference of Counseling With Video Media and Hand Puppets To Improving Knowledge of Dental and Oral Health in Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riskendas 2018. Laporan Nasional Riskesndas 2018, 44(8), 181–222.

Lestari, D. R. (2016). Evaluasi Penerapan Manajemen UKGS Dalam Perilaku Perawatan Gigi Dan Mulut Siswa Sekolah Dasar. JHE (Journal of Health Education), 1(2), 8–11.

Naseri-Salahshour, V., Abredari, H., Sajadi, M., Sabzaligol, M., & Karimy, M. (2019). The Effect of Oral Health Promotion Program on Early Dental Decay in Students: a Cluster Randomized Controlled Trial. Journal of Caring Sciences, 8(2), 105–110. https://doi.org/10.15171/jcs.2019.015

Nisa, A. M., Mujito, & Winarni, S. (2019). Sikap Anak Pra Sekolah dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi setelah Edukasi Boneka Tangan di Kawasan Rawan Bencana. Jurnal Poltekkes Kemenkes Malang, 8(2), 151–157.

Nugraheni, H., Sadimin, S., & Sukini, S. (2019). Determinan Perilaku Pencegahan Karies Gigi Siswa Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Gigi, 6, 26–34.

Rompis, K. R., Wowor, V. N. S., & Mintjelungan, C. N. (2019). Gambaran Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut dan Indeks Plak Siswa SD Katolik Wori. Jurnal e-Biomedik, 7(2), 98–101. https://doi.org/10.35790/ebm.7.2.2019.24022

Santa Idayana Sinaga, & Sulastri Eriyani. (2023). Pengembangan Poster Edukasi Untuk Menumbuhkan Pengetahuan Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak Kelompok A Di Tk Negeri Pembina Lahat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14460–14469.

Saputri, L., Herlina, R., & Hlimah. (2022). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Boneka Tangan Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi pada Siswa Kelas 2 SDN 09 Pontianak Utara. Journal of Dental Therapist, 1(2), 2.

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) Weekly Epidemiological Update and Weekly Operational Update. World Health Organization.

Published

2024-12-02
Abstract viewed = 21 times