UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI SRIJAYA 04 BEKASI

Penulis

  • Murwan Widyantoro Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muhammad Zulfadhli Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ismaniah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Haris Hamdani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3495

Abstrak

Sebelum adanya Covid-19, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Akan tetapi, hadirnya Covid-19 membuat pembelajaran dilakukan secara daring (online), maupun luring (offline). Dalam proses pembelajaran online, para guru harus mengikuti perkembangan dalam adaptasi penggunaan teknolgi yang baru. Walaupun sudah ada yang menerapkan tatap muka dan pembelajran jarak jauh. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dampak Covid-19 ini membuat pembelajaran daring (online) mengakibatkan beberapa siswa masih ada yang belum dapat membaca. Selain kemampuan literasi, pengetahuan numerasi juga masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum dapat mengoptimalkan media pembelajaran bekaitan literasi dan numerasi. Oleh karena itu, tim PKM mengadakan pelatihan peningkatan literasi dan numerasi melalui adaptasi teknologi di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Dengan hadirnya pelatihan ini, para guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui adaptasi teknologi. Selain itu, para guru juga diharapkan dapat menguasai adaptasi teknologi di bidang literasi dan numerasi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi, pengenalan, pelatihan, dan praktik penerapan literasi dan numerasi melaui adaptasi teknologi kepada guru-guru SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Berdasarkan dari hasil pengabdian kepada masyarakat, para guru sangat menyambu positif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan para guru sangat senang dengan hasil yang sudah dilaksanakan karena mereka langsung mempraktikkan teori yang telah diberikan. Melalui kegiatan ini, PKM ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi melalui adaptasi teknologi.

Referensi

Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56–62. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411

Judge, T. K., & Neustaedter, C. (2015). Studying and designing technology for domestic life : lessons from home.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0. Jurnal Literasi, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3458

Trede, F., Markauskaite, L., Mcewen, C., &Macfarlane, S. (2019). Understanding Teaching-Learning Practice Education for Practice in a Hybrid Space Enhancing Professional Learning with Mobile Technology. Retrieved from http://www.springer.com/series/14356

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 67–80. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80

Diterbitkan

2022-08-16
Abstrak viewed = 1195 times