SOSIALISASI CYBER SECURITY DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MASA KINI UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Haris Hamdani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rifda Ilahy Rosihan
  • Widya Spalanzani
  • Afif Febryanto
  • Friska Naomi Manalu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5405

Abstract

Pengetahuan tentang Cyber Security sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi karena manusia dan teknololgi saling berkaitan satu sama lain. Di bidang pendidikan, para guru dapat memanfaatkan beberapa aplikasi dalam mendukung proses belajar mengajar. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah beberapa guru masih belum menyadari dan memahami tentang Cyber Security dan bahaya dari Cyber Crime. Para guru belum menyadari bahwa terdapat banyak hal yang perlu diwaspadai ketika menggunakan internet dan alat elektronik khususnya handphone, laptop, dan tablet. Guru juga belum mampu memkasimalkan pemanfaatan teknologi di pengajaran walaupun sudah tersedia beberapa tablet di sekolah. Oleh karena itu, tim PKM mengadakan sosialisasi cyber security  dan perkembangan teknologi masa kini pada usia dini di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Dengan hadirnya sosialisasi ini, para guru diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang cyber security dan perkembangan teknologi. Selain itu, para guru juga diharapkan dapat menguasai cara pembuatan media pembelajaran berbentuk video. Pelaksanaan PKM dilakukan dengan bentuk sosialisasi dan penyuluhan cyber security dan perkembangan teknologi masa kini serta pemanfaatannya untuk anak usia dini kepada guru-guru SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Berdasarkan dari hasil pengabdian kepada masyarakat, para guru sangat menyambut positif dan bersemangat ketika berpartisipasi dalam kegiatan PKM dan para guru sangat senang dengan hasil yang sudah dilaksanakan karena mereka langsung mempraktikkan teori yang telah diberikan. Melalui kegiatan ini, PKM ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman para guru pada cyber security dan perkembangan teknologi masa kini untuk anak usia dini.

Kata Kunci: Cyber Security, Perkembangan Teknologi, Anak Usia Dini

References

Ardiyanti H. (2014). Cyber-Security dan Tantangan Pengembangannya di Indonesia. Jurnal Politica, 5(1), 95–110.

Budi E, & dkk. (2021). Strategi penguatan cyber security guna mewujudkan keamanan nasional di era society 50. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia, 223–234. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia.

Dewi N.K.S.C, & Suyanta I.W. (2018). Pembelajaran Seni dan Teknologi Digital sebagai Media Belajar dan Perkembangan Anak Usia Dini. Pratama Widya, 3(1), 112–119.

Firamadhina, F. I., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Jurnal, 10(2), 199–208.

Heriana K.M.A, & dkk. (2022). Peran Bela Negara sebagai Upaya Menanggulangi Cybercrime dalam Era Digital. Jurnal Kertha Semaya, 10(5), 1134–1147.

Mukaromah E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185.

Nahriyah S. (2018). Tumbuh Kembang Anak di Era Digital. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 65–74.

Safrida, A. S. (2018). Penguatan Parenting dan Bimbingan Konseling dalam Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Comm-Edu, 1(3), 1–6.

Downloads

Published

2023-08-27
Abstract viewed = 123 times