UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI SRIJAYA 04 BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3495Abstract
Sebelum kemunculan Covid-19, proses belajar mengajar dilaksanakan dengan cara tatap muka. Akan tetapi, hadirnya Covid-19 membuat proses belajar mengajar dilaksanakan dengan cara daring (online), maupun luring (offline). Dalam proses pembelajaran online, para guru harus mengikuti perkembangan dalam adaptasi penggunaan teknolgi yang baru. Walaupun sudah ada yang menerapkan tatapmuka dan pembelajran jarak jauh. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dampak Covid-19 ini membuat pembelajaran daring (online) mengakibatkan beberapa siswa masih ada yang belum dapat membaca. Selain kemampuan literasi, pengetahuan numerasi juga masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum dapat mengoptimalkan media pembelajaran bekaitan literasi dan numerasi. Oleh karena itu, tim PKM mengadakan pelatihan peningkatan literasi dan numerasi melalui adaptasi teknologi di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Dengan hadirnya pelatihan ini, para guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui adaptasi teknologi. Selain itu, para guru juga diharapkan dapat menguasai adaptasi teknologi di bidang literasi dan numerasi. Pelaksanaan PKM dilakukan dengan bentuk sosialisasi, pengenalan, pelatihan, dan praktik penerapan literasi dan numerasi melaui adaptasi teknologi kepada guru-guru SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Berdasarkan dari hasil pengabdian kepada masyarakat, para guru sangat menyambut positif dan bersemangat ketika berpartisipasi dalam kegiatan PKM dan para guru sangat senang dengan hasil yang sudah dilaksanakan karena mereka langsung mempraktikkan teori yang telah diberikan. Melalui kegiatan ini, PKM ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi melalui adaptasi teknologi.
Kata Kunci: Literasi, Numerasi, Teknologi
References
Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56–62. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Judge, T. K., & Neustaedter, C. (2015). Studying and designing technology for domestic life : lessons from home.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0. Jurnal Literasi, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3458
Trede, F., Markauskaite, L., Mcewen, C., &Macfarlane, S. (2019). Understanding Teaching-Learning Practice Education for Practice in a Hybrid Space Enhancing Professional Learning with Mobile Technology. Retrieved from http://www.springer.com/series/14356
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 67–80. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.