SILAT BERKARAKTER, PEMUDA BERDAYA: PENGUATAN NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA

Authors

  • Nanto Purnomo Universitas Islam Lamongan
  • Minahul Mubin Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Imron Hamzah Universitas Islam Lamongan
  • Widya Azharrah Firdaus Universitas Islam Lamongan
  • Deah Widdadur Rizkiah Universitas Islam Lamongan
  • Muhajir Makruf Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v8i2.8877

Keywords:

pendidikan, karakter, pancasila, pencak silat, pemuda, pemberdayaan

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi pemuda Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa di Desa Maor adalah lemahnya internalisasi nilai-nilai karakter Pancasila serta rendahnya motivasi untuk berprestasi dalam bidang pencak silat. Kondisi ini menyebabkan munculnya perilaku yang kontraproduktif, seperti kurangnya disiplin, semangat kebangsaan, dan potensi konflik antarpemuda silat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat karakter dan mengarahkan potensi pemuda pencak silat melalui pendekatan terpadu, yaitu seminar pendidikan karakter Pancasila dan pelatihan keatlitan. Metode pelaksanaan meliputi: identifikasi kebutuhan masyarakat, pelaksanaan seminar, pelatihan teknik keatlitan, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Kegiatan ini melibatkan pemuda aktif PSNU Pagar Nusa dengan pendekatan partisipatif-kolaboratif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman nilai Pancasila (dari 60% menjadi 86,9%), kedisiplinan (dari 54,6% menjadi 80%), dan etika pendekar (dari 51% menjadi 80%), serta tumbuhnya semangat berprestasi (dari 50% menjadi 80%). Kegiatan ini membuktikan bahwa integrasi pendidikan karakter dan pelatihan bela diri mampu membentuk generasi muda yang berdaya secara moral dan fisik. Secara keseluruhan, skor rata-rata peserta naik dari sekitar 54% pada pre-test menjadi 81,7 % pada post-test, dengan rata-rata peningkatan sekitar 27,7 poin persentase. Peningkatan terbesar terjadi pada aspek Semangat Berprestasi, yang menunjukkan keberhasilan program dalam memotivasi peserta untuk berprestasi dan mengembangkan potensi mereka.

References

Diponegoro, S. E., & Agus Satmoko Adi. (2025). The Implementation Of Pancasila Values In The Teachings Of The Martial Arts Organization In Ukm Persaudaraan Setia Hati Terate State University Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(4), 500–509.

Hayati, Dini & Dede Idin. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Al Munadzomah. 3(2), 58-64.

Husen, Muhammad Asrori, Nanto Purnomo, Achmad Farikh Padlilloh, Fattahur Rokhimul Barik, Khusnul Khotimah.( 2024). Penguatan Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nadhliyah dan Nilai Pancasila melalui PSNU Pagar Nusa Maor. Jurnal mandala pengabdian masyarakat,5(2). 271-277.

Jasmani, Iwan Arya Kusuma, Slamet Sudarsono, Risa Agus Teguh Wibowo, Muchhamad Sholeh, & Bintang Qori Az Zahra. (2024). Efektivitas Metode Pengajaran Pencak Silat Dalam Meningkatkan Disiplin Dan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(1), 8-19.

Lisyawati, Elis, Khairunisa, Rika Opsari, & Ade Tutti. (2025). Pelestarian Warisan Budaya Nasional Pencak Silat Melalui Kegiatan Ekstra-Kurikuler Sekolah dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 5(2), 669–684.

Mubin, M & Maskuri Bakri. (2021). Pembentukan Karakter Dan Identitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural. Al hikmah jurnal studi keislaman.11(2).105–110.

Mubin M, Sherif Juniar Aryanto. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Islam Multikultural di Madrasah Ibtidaiyah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,2(1).72–82.

Maulana, R., & Putranto, A. (2024). Pembinaan Karakter Pemuda Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 8(2), 99–108.

Pergiwati, E. (2024). 1.736 Personil Disiagakan Amankan Pengesahan Perguruan Silat di Lamongan. Jatimnow.Com. https://jatimnow.com/baca-69732-1736-personil-disiagakan-amankan-pengesahan-perguruan-silat-di-lamongan

Purnamasari, A. I., Widodo, W., & Istiq’faroh, N. (2024). Pencak Silat Setia Hati Teratai sebagai Penguat Karakter Profil Pelajar Pancasila. Journal of Contemporary Issues in Primary Education (JCIPE),2(2), 129-134

Purnomo N, Sani Rusminah, Valentiena Prastika Putrie, Inesa Mahselia Laili Munna, Khusnul Khotimah.(2024). Penguatan Karakter Pendekar Muda Melalui Pendidikan Wirausaha Dan Pembentukan Corporate Branding Pagar Nusa. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,8(2): 113-120

Putri, Riska, Nurdiyana, Yayuk Muji Rahayu, & Nurfaizal Rosyid. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Pencak Silat untuk Menanamkan Nilai-Nilai Patriotisme pada Remaja di Kota Tangerang Selatan. Wiyatamandala Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 68–77.

Prayoga, P. (2025). Melestarikan budaya pencak silat Indonesia melalui organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). TAMADDUN: Jurnal Ilmu Sosial, Seni, dan Humaniora, 3(1), 12-25.

Saputra, Wisnu Sah, Alit Rahmat, and Carsiwan Carsiwan. (2024). Pengaruh Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah. Systematic Literature Review. Jurnal Pedagogik Olahraga. 10(1),16–24.

Wakhid, A. (2024). Ngerinya Tawuran Pemuda di Lamongan, Tiga Orang Luka. I News Madiun. https://madiun.inews.id/read/537555/ngerinya-tawuran-pemuda-di-lamongan-tiga-orang-luka

Widiastuti, D., & Fitria, Y. (2021). Model Community Based Learning untuk Pemberdayaan Karakter Remaja di Komunitas Beladiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vokasi, 3(2), 55–63.

Yunanto, F., Ria Kasanova, Syaiful, Mohammad Rudiyanto, Syaiful Anam, Hasbullah. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter bagi Pelatih Pencak Silat PSHT Cabang Pamekasan. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Community Services,2(2),201-208

Zakaria, Z. (2024). Terlibat Aksi Pengeroyokan, Dua Orang Anggota Perguruan Silat Diamankan. PortalJTV.Com. https://portaljtv.com/news/terlibat-aksi-pengeroyokan-dua-oranganggota-perguruan-silat-diamankan?biro=portal

Published

2025-08-15
Abstract viewed = 0 times