PERAN MAHASISWA KKN DALAM PEMBENTUKAN MADARASAH DINIYAH AWALIYAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN BAGI ANAK DI DESA AEK BAYUR PADANG BOLAK TENGGARA

Authors

  • Muhammad Basri STAIN Mandailing Natal
  • Rohman Rohman STAIN Mandailing Natal
  • Abdur Rozak STAIN Mandailing Natal
  • Asqur Kurniawan Zega STAIN Mandailing Natal
  • Lala Cantika STAIN Mandailing Natal
  • Risma Harahap STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5947

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang mengasikkan dan menyenangkan, pendidikan berperan penting pada perkembangan anak terutama tentang pendidikan agama Islam, yaitu merupakan suatu cara untuk membuat orang lebih baik dan dapat lebih berguna bagi nusa dan bangsa, peneliti menggunakan metode observasi, sosialisasi, dan melakukan metode simulasi. dimana pendidikan agama Islam di desa Aek Bayur Masih sangat minim terutama bagi anak-anak, karena pendidikan agama di desa Aek Bayur hanya ada di pengajian malam atapun pembelajaran agama di sekolah SD. Adapun pembelajaran agama di SD masih terbilang singkat dan pada pembelajaran malam juga terbilang singkat karena hanya mulai dari Magrib sampai Isya dan pada pengajian tersebut hanya terpokus pada pembelajaran membaca Al-Qur’an dan kurang pada tentang agama seperti ilmu Fikih, Akhlak dan lain-lain. Dalam pengabdian ini kami memberikan solusi dengan pembentukan MDA agar dapat berkembangnya pendidikan keagamaan di desa tersebut. MDA yang kami bentuk diresmikan pada tanggal 4 september 2023. Dengan terbentuknya MDA tersebut dapat meningkatkan keramaian masjid berjamaah, membangun karakter anak yang tertanam nilai-nilai agama, mencerdaskan bangsa, dan dapat memotivasi warga dalam berfikir kreatif dan dapat meningkatkan kepeduliannya kepada pendidikan

 

Kata Kunci: Pendidikan, pengembangan, pengabdian, mda

References

, M. U. S. G. D. K. 207 K. D. S. (2021). Berdaya di Era New Normal. LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Abdurrohman, F. (2019). Jalan Damai Rasulullah Risalah Rahmat Bagi Semua. PT Pustaka Alvabet.

Aslan. (2018). Kurikulum Pendidikan Islam di Amerika. Journal of Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 117. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2361

Huda, H., & Jannah, K. (2021). Konsepsi Pendidikan Islam Dalam Gagasan Pemikiran Raji Al-Faruqi (Realisasi Islamisasi Ilmu Pengetahuan dengan Dunia Pendidikan). CV Pustaka Abadi.

Rusdiana, A. K. (2022). Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer. Yayasan Darul Hikam.

Suryaningsum, S., Purwanto, H. S., Tanjung, R. W., Kusumastutik, B., Bour, B. A., Juanda, A., & Limbong. (2020). Strategi pendanaan Penelitian pada Perguruan Tinggi Untuk Meningkatkan Kinerja Peneliti. Nugra Media.

UUD Indonesia, P. P. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Demographic Research (Vol. 49, Issue 0, pp. 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen).

Published

2023-12-23
Abstract viewed = 39 times