LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA BANGKA BELITUNG MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5864Abstrak
Penelitian menggunakan Konteks Wisata Bangka Belitung pada materi segitiga dan segiempat kelas VII, bertujuan untuk menghasilkan karakteristik LKPD menggunakan konteks wisata Bangka Belitung pada materi segitiga dan segiempat yang valid dan praktis.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Rassearch and Development) dengan model pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Difine (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di salah satu SMP yang ada di Bangka selatan, peserta didik kelas VIIA untuk uji coba perorangan yang berjumlah 3 orang peserta didik dan uji kelompok kecil yang berjumlah 9 orang peserta didik dan peserta didik kelas VIIB untuk uji lapangan yang berjumlah 27 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes (pretest dan posttest) dan angket kepada peserta didik. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan karakteristik LKPD yaitu menghadirkan informasi yang berkaitan dengan konteks wisata Bangka Belitung.
Kata Kunci: LKPD, Konteks Wisata Bangka Belitung,Materi Segitiga dan Segiempat.
Referensi
Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019).
Museum Timah Indonesia Pangkalpinang Sebagai Alternatif Pembelajaran Materi Sudut.
AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 395. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2 276
Elisyah, N., Zahra, A., & Astuti, W. (2023). Pembelajaran Segitiga dan Segiempat Berbasis Pendidikan Matematika Ralistik Indonesia (PMRI) dengan Konteks Kertas Origami. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1039–1049.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v7 i2.2247
Farisma, S., Putra, Y. Y., & Apriani, F. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl Dengan Langkah Polya Untuk Membantu Siswa Menyelesaikan Masalah Program Linier. Jurnal Karya Pendidikan
Matematika, 10(1), 59. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.20 23.59-70
Fitri Apriani, & Romadon. (2022).
Pengembangan Modul Geometri Berbantuan Software Geoenzo: Validasi Ahli Materi Dan Media. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 89–96. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i 2.1538
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2023).
Eksplorasi Konsep Matematika pada Eduwisata Taman Jam Gadang untuk Pembelajaran Matematika Siswa SD. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 31.
https://doi.org/10.29240/jpd.v7i1.675 9
SAMSUMARLIN, S. (2018). Segitiga Dan
Segiempat Pada Geometri Datar Euclid Cevian Segitiga Dan Segiempat Siklik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v 1i1.36
Sari, F., Rahmah, N., Pratiwi, A. R., & ... (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai. Prosiding Seminar
…, 2, 1–12.
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.p hp/psnpm/article/view/1239%0Ahttps
://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ps npm/article/download/1239/821
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020).
Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp Kelas Viii Di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
Wafiqoh, R., Ardiansah, F., Anisa, F., & Zananti, S. (2022). Modifikasi Permainan Caklingking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Berhitung Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1924. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5 365
Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk
Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.176
Endang Mulyatiningsih. 2019. Model Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Jayanti Dwi. 2016. Efektifitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode POE Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Peserta Didik, Seminar Nasional Pendidikan. Program Studi Pendidikan Fisika: Bandar Lampung