PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Penulis

  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ma’ani Nurjanah Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i1.467

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika menggunakan aspek-aspek matematis pada tradisi pernikahan Yogyakarta untuk pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi statistika berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian dilihat dari aspek kevalidan adalah sangat valid dengan skor 4,24. Dilihat dari aspek kepraktisa adalah sangat praktis dengan skor 4,24, dan dari aspek keefektifan adalah sangat efektif dengan skor 3,95.

Diterbitkan

2020-02-02

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 393 times