PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 23 MUARO JAMBI

Penulis

  • Relawati Relawati Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1637

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 23Muaro Jambi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Muaro Jambi. Pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan logis matematis sebanyak 4 item soaldan tes kemampuan penalaran matematis sebanyak 4 item soal. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkanterdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 23 Muaro Jambi.

Kata kunci: kecerdasan logis, kemampuan penalaran matematis.

Biografi Penulis

Relawati Relawati, Universitas Batanghari Jambi

Pendidikan Matematika

Referensi

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Jakarta: DepartemenPendidikanNasional.

Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Hendriana, H. dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT. RefikaAditama.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan sebuah Orientasi Baru. Ciputat :Gaung Persada (GP) Press.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Latipah, Eva. (2017). Psikologi Dasar Bagi Guru.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Lestari, Karunia, E., Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika Panduan Praktis Menyusun Skripisi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Karawang : Refika Aditama.

Maarif, S. (2015). Pembelajaran Geometri Berbantu Cabri 2 Plus (Panduan Praktis Mengembangkan Kemampuan Matematis).Bogor : IN MEDIA.

Muqowim. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Jawa Tengah: Penerbit MangkuBumi.

NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Mathematic. Reston,VA: NCTM..

Slameto. (2010). Belajar&Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta :RinekaCipta.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metoda Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.(2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Ppraktiknya. Jakarta : PT BumiAksara.

Uno, H.B., Kuadrat, M. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta : PT BumiAksara.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 313 times