PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM PETALABUMI
DOI:
https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1306Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Al Islam Petalabumi.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling.Instrument dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data dalam pengujian ini menggunakan uji Independent Samples T-Test (Uji t). Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis terhadap kedua kelas sampel di peroleh nilai P-value lebih kecil dari a, yaitu 0,000 < 0,05. Artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci :pemahaman Konsep, inkuiri terbimbing
Referensi
Buyung, B., & Khasan, N. (2017). Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 223-229. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21617
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Isrok’atun. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarka: Bumi Aksara
Iswadi. (2017). Teori Belajar. Bogor: PT In Media
Purwanti, K. L. (2017). Efektifitas Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Calon Guru MI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 466-480. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21553
Wardhani, S.,dkk. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika