STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF AGEN PT ASURANSI UMUM BUMIDA 1967 CABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH

Penulis

  • Suci Aristi Adly Universitas Riau
  • Evawani Elysa Lubis Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i2.9264

Abstrak

Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi komunikasi persuasif agen PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (Bumida) Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan keputusan pengambilan produk oleh nasabah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Agen menerapkan pendekatan strategi psikodinamika dengan memberikan rasa takut dan cemas kepada nasabah. Pendekatan strategi sosiokultural dengan mempersuasif orang terdekat. Pendekatan strategi the meaning construction, agen menggunakan istilah payung dalam memaknai perlindungan. Terdapat dua karakteristik nasabah, yaitu nasabah aktif dan nasabah pasif. Penentuan pesan persuasif berupa manfaat produk, serta bukti klaim. Penentuan media oleh agen yaitu melalui komunikasi secara langsung, WhatsApp dan brosur. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi kajian komunikasi persuasif melalui pemahaman tentang bagaimana strategi psikodinamika, sosiokultural, dan konstruksi makna digunakan secara terpadu dalam praktik pemasaran asuransi.

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Agen Asuransi, Nasabah

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025

Cara Mengutip

Aristi Adly, S., & Lubis, E. E. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF AGEN PT ASURANSI UMUM BUMIDA 1967 CABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 6(2), 432–446. https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i2.9264
Abstrak viewed = 0 times