REPRESENTASI MAKNA KEPERCAYAAN DIRI FILM WORDS BUBBLE UP LIKE SODA POP
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i2.7230Abstrak
Penelitian ini membahas tentang representasi kepercayaan di yang ada pada film Words Bubble Up Like Soda Pop yang diproduksi oleh Sublimation dan Signal.MD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sikap kepercayaan diri yang digambarkan dalam film animasi Words Bubble Up Like Soda Pop. Mendeksripsikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dengan pisau Analisis Semiotika Roland Barthes untuk melihat konotatif,denotatif serta mitos yang disampaiakan didalam. Setelah melakukan proses-proses tersebut barulah peneliti akan menarik kesimpulan sehinggan menemukan representasi yang ada pada fillm words bubble up like soda pop. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa terdapa beberapa representasi kepercayaan diri yang digambarkan dalam film ini. Diantaranya adalah adanya representasi dari (1) percaya pada kemampuan sendiri, (2) sikap bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, (3) memiliki rasa positif terhadap diri sendiri, (4) berani mengungkap pendapatnya.Melalui penelitian ini, diharapkan pesan-pesan kepercayaan diri yang terkandung dalam film animasi Words Bubble Up Like Soda Pop ini dapat diimplementasikan dikehidupan sehari-hari tidak hanya itu diharapkan juga untuk para pekerja dan pemilik bisnis film akan berkontribusi dalam produksi film animasi dalam negeri yang layak tayang dan memiliki banyak pesan moral bagi anak muda atau bagi penonntonya serta dalam pengawasan orang tua untuk menonton film bagi anak-anak.
Kata Kunci :
Analisis Semiotika Roland Barthes, Representasi, Kepercayaan Diri, Words Bubble Up Like Soda Pop