ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN RESOT SELUMA

Penulis

  • WEGI JUINDARTO Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • ROSIDIN Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/idea.v3i2.7942

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas di Polres Kepolisian Resor Seluma. Pada penelitian ini mendapatkan banyak data dan juga fakta yang diambil di lapangan dari informan mengenai keberhasilan dan juga keluhan yang dirasakan oleh masyarakat mengenai kualitas petugas di SKCK Polres Kepolisian Resor Seluma. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian observasional. Sumber dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian. Sesuai dengan fokus penelitian, maka yang dijadikan sumber data dan teknik pengumpulan data adalah Polres Seluma. Analisis data pada penelitian ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data. Berdasarkan  hasil  penelitian  secara langsung dan  dilakukannya wawancara mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh SKCK Polres Seluma dapat disimpulkan bahwa selama penerapan sejak tahun 2015 hingga saat ini sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari ke 5 indikator dari Parasuraman yaitu Tangibles, Reliability, Respomsiviness, Assurance dan Empathy.

 

Referensi

Adetiawarman, A., Samad, A., Daga, R., & Rosyadah, K. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Pada Satuan Intelkam Polres Gowa. Jurnal Mirai Management, 8(1).

Ardiyanti, A., & Triputro, R. W. (2022). Analisa Kualitas Pelayanan Publik: Studi Terhadap Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Di Polres X Tahun 2021. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (Jpk), 3(2), 105–112.

Balai, P. P. (2019). Analisis Terhadap Kualitas Pelayanan Prima Pada Satuan Penyelenggaraan Administrasi Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi Di.

Deny, R. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan, Budaya Kerja Dan Inovasi Terhadap Kinerja Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar. Stie Nobel Indonesia.

Gimanto, G., Chasanah, U., & Mathori, M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pembuatan Skck (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) Online Pada Polres Bantul. Stie Widya Wiwaha.

Harisman, A., & Khairul, K. (2023). Tingkat Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Skck) Di Polres Payakumbuh. Jurnal Mirai Management, 8(1), 322–332.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Ismail, A. T., Chasanah, U., & Mathori, M. (2020). Analisis Kepuasan Pelayanan Sim Di Satlantas Polres Bantul. Stie Widya Wiwaha.

Kristiono, T. (2019). Penerapan Inovasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Sim Keliling Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Satlantas Polres Kediri Kota). Universitas Airlangga.

Mandacan, A., & Merina, B. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Satlantas Polres Sleman. Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, Dan Administrasi Publik, 5(2), 419–427.

Mardiyanto, R., & Ismowati, M. (2017). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), 184–197.

Mayasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44.

Nabillah, N. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Di Satuan Intelejen Keamanan Pada Masa Pandemi Di Polres Tangerang Selatan. Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nasution, I. F. S., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2021). Analisis Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(4), 527–532.

Riansyah, O., Damayanti, R., Usman, B., & Putra, A. E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 49–61.

Simbolon, F. F. B. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Skck) Di Polsek Mardinding Polres Tanah Karo Skripsi. Universitas Quality Berastagi.

Suhartatik, S., Muchsin, S., & Widodo, R. (2019). Peningkatan Kualitas Pelayanan Skck Online (Kasus Pelayanan Skck Online Di Polres Kota Malang). Respon Publik, 13(6), 26–30.

Sukma, H., & Utomo, H. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pelapor Pada Polsek Tengaran Polres Semarang. Among Makarti, 13(1).

Tinggogoy, D. C., Bahar, D., & Tondo, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Polres Halmahera Utara. Jipags (Journal Of Indonesian Public Administration And Governance Studies), 3(2).

Walangitan, C. S., Pangemanan, S., & Singkoh, F. (2020). Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Dan Dampak Terhadap Masyarakat Di Kepolisian Resort Minahasa Utara. Jurnal Eksekutif, 2(5).

Wulan, D. O., Wismaningtyas, T. A., Damayanti, A., & Larasati, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 9(2), 134–138

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

JUINDARTO, W., & ROSIDIN. (2024). ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN RESOT SELUMA. JURNAL ILMIAH IDEA, 3(2), 43–58. https://doi.org/10.36085/idea.v3i2.7942
Abstrak viewed = 0 times