IMPLEMENTASI PEMULIHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah)

Studi Kasus Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah

Authors

  • Siti Muflihatun Martina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Indarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/idea.v1i2.4803

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini tidak hanya menimbulkan dampak pada gangguan kesehatan, akan tetapi juga turut menerjang sisi perekonomian negara. UMKM sebagai sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan salah satu sektor yang mengalami dampak terparah akibat pandemi Covid-19 di Indonesia bahkan di Kabupaten Bengkulu Tengah. Maka, penelitian ini bertujuan untuk melihat serta menganalisis sejauh mana empati perkembangan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koprasi dan UKM Kabupaten Bengkulu Tengah, dalam mendorong pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang sedang terdampak Covid-19. Strategi apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, apakah terdapat faktor penghambat dalam melaksanakan kebijakan demi mendorong pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Bengkulu Tengah.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil bahwa strategi pemerintah dalam pemulihan Usaha Mikro, Kecil Menengah saat pandemi Covid-19 diharapkan dapat membantu para pelaku usaha kecil menengah dalam melanjutkan kembali usaha nya yang sempat terhenti akibat pandemi. Banyak pelaku UMKM yang harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan akibat pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menstimulasi UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Berbagai strategi dilakukan, salah satunya adalah bantuan modal usaha (Banpres / produktif) dan Dana Insentif Daerah. Yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah.

kata kunci :Kebijakan, Strategi, Implementasi, UMKM

IDEA Volume 1 No 2 Edisi Desember 2022

Published

30-12-2022 — Updated on 14-06-2023

How to Cite

Siti Muflihatun Martina, & Sri Indarti. (2023). IMPLEMENTASI PEMULIHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah): Studi Kasus Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkulu Tengah. JURNAL ILMIAH IDEA, 1(2), 118–135. https://doi.org/10.36085/idea.v1i2.4803
Abstract viewed = 85 times