PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM PETALABUMI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Al Islam Petalabumi.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling.Instrument dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data dalam pengujian ini menggunakan uji Independent Samples T-Test (Uji t). Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis terhadap kedua kelas sampel di peroleh nilai P-value lebih kecil dari a, yaitu 0,000 < 0,05. Artinya  bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian  kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci :pemahaman Konsep, inkuiri terbimbing

References

Buyung, B., & Khasan, N. (2017). Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 223-229. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21617

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Isrok’atun. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarka: Bumi Aksara

Iswadi. (2017). Teori Belajar. Bogor: PT In Media

Purwanti, K. L. (2017). Efektifitas Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Calon Guru MI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 466-480. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21553

Wardhani, S.,dkk. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 191 times