PELATIHAN KONTEN KREATIF ISLAMI UNTUK KADER PEMUDA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH DAN KEMANDIRIAN EKONOMI
Kata Kunci:
konten kreatif, media dakwah, kemandirian ekonomiAbstrak
Pemuda Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi kepemudaan Islam terbesar di Indonesia, memiliki peran strategis dalam memanfaatkan potensi ini untuk menyebarkan nilai-nilai Islam dan juga mengembangkan kemandirian ekonomi anggotanya. Namun, masih banyak kader yang belum memiliki keterampilan yang memadai dalam menciptakan konten kreatif Islami yang menarik dan efektif, serta belum melihat potensi media digital sebagai sarana untuk berwirausaha. Metode yang digunakan adalah melalui sosialisasi langsung kepada kader Pemuda Muhammadiyah, melibatkan Influencer lokal, melakukan praktik langsung pembuatan konten dan pendampingan dalam mengidentifikasi peluang monetisasi konten dan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini berhasil memberikan pengetahuan dan kesadaran kader Pemuda Muhammadiyah terhadap potensi media digital sebagai sarana dakwah yang efektif dan alat untuk kemandirian ekonomi. Terbentuk kelompok-kelompok kecil yang mulai memproduksi dan mempublikasikan konten secara mandiri.
Referensi
Dronyuk, I., Moiseienko, I., & Gregusml, J. (2019). Analysis of creative industries activities in european union countries. Procedia Computer Science, 160, 479–484. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.061
Mashar, R., & Hastuti, D. (2021). The empowerment of the Nasyiatul Aisyiyah as parenting trainers for ‘Ibu Bakoh Keluarga Kokoh’. Community Empowerment, 6 (10), 1816–1822 https://doi.org/10.31603/ce.5226
Muhammadiyah.or.id. Pemuda Muhamamdiyah. Diakses pada 20 Juli 2025, dari http://arsip.muhammadiyah.or.id/content-83-det-pemuda-muhammadiyah.html
Royani. (2022). Aplikasi Pembinaan Organisasi masyarakat pada Bidang Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Masyarakat dan Ekonomi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimanta Selatan. (Tesis Diploma, Universitas Islam Kalimantan). https://eprints.uniska-bjm.ac.id/10629/1/ARTIKEL%20ATIKA%20ROYANI.pdf
Rosyadi, S., Sabiq, A., Ahmad, A. A., & Yamin, M. (2021). The Cross-Sector Collaboration for Development Policy of Rural Creative Economy: The Case of Bengkoang Creative Hub. Journal of Governance and Public Policy, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jgpp.811339
Pimpina Pusat Muhammadiyah. (2009). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.