PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PADA PELAKU USAHA DODOL KOPI DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i2.745Abstrak
Manajemen usaha merupakan salah satu upaya mengatur segala hal dalam menjalankan usaha sehingga dapat mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. Salah satu tujuan tersebut yaitu meningkatkan daya saing pelaku usaha dodol kopi di desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan kabupaten Kepahiang. Manajemen usaha yang dimaksudkan antaranya yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan. Dodol merupakan salah satu olahan makanan yang berbahan dasar ketan. Keinovatifan produk ini belum diikuti oleh kemajuan pelaku usaha dodol kopi dalam memanajemen usaha tersebut sehingga daya saing produk dodol kopi ini masih rendah.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 25 orang peserta, yang merupakan pelaku usaha dodol kopi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua kegiatan yaitu kegiatan penyuluhan dan kegiatan pelatihan manajemen usaha. Kegiatan Pengabdian ini melibatkan mahasiswa sebanyak 5 orang dalam pelaksanaannya.
Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan antusisme yang tinggi dari pelaku usaha dodol kopi dalam mengikuti kegiatan ini dan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha dodol kopi yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai manajemen sumber daya manusia sebesar 47%, manajemen keuangan meningkat 26%, serta manajemen pemasaran meningkat 45%.Referensi
http://Indonesia investment.com/id/bisnis/komoditas/kopi/item186. Diakses tanggal 1 september 2019.
http://majalah .oflencofee.co.id/jenis-jenis-kopi-sumatera/ diakses tanggal 3 september 2019
Rahmawati, Fitri. 2013. Materi Pelatihan Pengemasan dan Pelabelan, BPPM DIY, Jogjakarta
Ihwanuddin, Muhammad, et all. 2012. Pengaruh persepsi Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Gudang Garam Surya Profesional Mild (Studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) (online). Diakses tanggal 3 September 2019
Malayu, SP, Hasibuan. 2007.Manajemen, Dasar, Pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset
prawirosentono, Suyadi. 2007. Pengantar bisnis modern. Jakarta: Bumi Aksara
Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Priciple of Marketing. 14Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc.
Yusmaniarti Yusmaniarti, M. M. (2019). PEMBERDAYAAN PENGURUS GAPOKTAN TERATAI UNTUK MENINGKATKAN TATAKELOLA ADMINISTRASI SIMPAN PINJAM BAGI MASYARAKAT DI DESA …. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(2), 193-200.