SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA PASIRKALIKI KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Mochammad Ridwan Universitas Padjadjaran
  • Lidya Agustina Universitas Padjadjaran
  • Dri Asmawanti-S Universitas Padjadjaran
  • Akhmad Fajar Universitas Padjadjaran
  • Iis Solihat Universitas Padjadjaran
  • Mochammad Wahyudin Zarkasyi Universitas Padjadjaran
  • Srihadi Winarningsih Universitas Padjadjaran
  • Citra Sukmadilaga Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5846

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh pemilik usaha di wilayah Desa Pasirkaliki, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang. Permasalahan yang paling membuthkan solusi adalah dari bidang marketing. Pemilik usaha memiliki keterbatasan wawasan dan keterampilan dalam memasarkan produknya. Tim pelaksana membantu UMKM untuk memiliki kanal bisnis marketing yang berbasis digital, sehingga pemilik usaha dapat meningkatkan pendapatannya. Metode yang digunakan adalah seminar dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dari seluruh peserta kegiatan, terlihat dari hasil post-test yang diberikan kepada seluruh peserta. Hasil kegiatan adalah seluruh peserta sudah memiliki kanal digital marketing, beberapa diantaranya adalah Whatsapp bisnis, akun marketplace shopee dan media sosial facebook dan instagram. Diharapkan dengan memiliki kanal bisnis yang baik, keuntungan usaha UMKM dapat meningkat dengan pesat.

Referensi

Akbari, T. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Media Abdimas, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v3i2.2770

Azmil Chusnaini. (2022, October 24). Pentingnya Pemanfaatan Digital Marketing Strategy Untuk Hadapi COVID-19 Bagi UMKM. Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Teknologi Digital UNUSA. https://febtd.unusa.ac.id/2022/10/24/pentingnya-pemanfaatan-digital-marketing-strategy-untuk-hadapi-covid-19-bagi-umkm/

Devi Maulidasari, C., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 3–73.

Fitriany, & Halim, S. E. (2023). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(1), 27–33.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/PSN.V2I1.1452

M Kusuma, V. A., Sahabuddin, Z. A., & JK Hutasoit, P. S. (2022). STRATEGI DIGITL MARKETING PADA USAHA MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24–35.

Rachmawati, D., Ramadhani, N., Aulia Komarullah, T., Psikologi, F., & Islam Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng Socialization Of The Role Of Digital Marketing For UMKM In Ujung Genteng Village. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati, 90–104. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A.-S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2022). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2208

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31
Abstrak viewed = 54 times