PELATIHAN LITERASI KEBANGSAAN DAN KEUANGAN SERTA BERFIKIR KOMPUTASI BAGI ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN DI SANGGAR BIMBINGAN SENTUL KUALA LUMPUR

Penulis

  • Beni Suhendra Universitas Ahmad Dahlan
  • Tedy Setiadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Rina Ratih Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5815

Abstrak

Anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) di Kuala Lumpur, Malaysia, merupakan kelompok yang memerlukan perhatian khusus dalam persiapan masa depan mereka. Minimnya akses pendidikan, rendahnya pengetahuan kebangsaan, kurangnya perlindungan hukum, isolasi sosial, keterbatasan akses informasi merupakan masalah kompleks yang dihadapi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi kebangsaan, literasi keuangan dan berfikir komputasi guna bekal mereka hidup di luar negari dan di era informasi ini.

Metode pelaksanaan menggunakan model pembelajaran berbasis Joyful Learning,orientasi materi literasi kebangsaan menumbuhkan cinta tanah air dengan sastra puisi lagu kebangsaan Indonesia,  literasi keuangan memotivasi dan melatih membuat rencana kegiatan keuangan, sedangkan berfikir komputasi mengasah kemampuan dengan berlatih soal-soal yang berkaitan dengan IT untuk bekal di era informasi ini dan sebagian besar peserta merespon positif keseluruhan pelatihan ini.

Berdasar hasil evaluasi, kegiatan pengabdian ini dipandang berhasil karena mendapat respon positif dari anak-anak pekerja migran dengan  terjadi  peningkatan pemahaman dan kemampuan dari setiap peserta untuk ketiga materi pelatihan.

Referensi

Anggraini, T. M., & Wijaya, A. L. (2022). Edukasi Literasi Keuangan dan Motivasi Berwirausaha Pada Anak Panti Asuhan Daarut-Taubah Kota Madiun. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 141– 152. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1641

Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Aswan, & Amiruddin, M. Z. Bin. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pendidikan Karakter untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Sabah Malaysia. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 185–194 https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v5i2

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Halawa, N. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 27 https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786

Kharomah, D. N., Wijaya, R., Pendidikan, S., Sosial, F. I., & Surabaya, U. N. (2023). Strategi Guru PPKn dalam Menerapkan Keterampilan Literasi Kebangsaan Bagi Siswa SMPN 15 Gresik. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, 7, 1071–1087.

N. Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598.https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246

Nuraisa, D., Saleh, H., & Raharjo, S. (2021). Profile of Students’ Computational Thinking Based on Self-Regulated Learning in Completing Bebras Tasks. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 40. https://doi.org/10.31000/prima.v5i2.4173

Said, S., & Amiruddin, A. M. A. (2017). Literasi Keuangan Syariah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ( Studi Kasus UIN Alauddin Makasar ) Salmah Said dan Andi Muhammad Ali Amiruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Keywords : Literasi , Keuangan, Islam, Perguruan Tinggi , UIN Alaud. Al- Ulum, 17(1), 44–64. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Satria, E., Hendrizal, H., Daswarman, D., & Jusar, I. R. (2022). Pelatihan Keterampilan Computational Thinking Bagi Guru SD di Nagari Kapau Kabupaten Agam Sumatera Barat. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2405

Sindi, S. L. B., Sofyan Iskandar, & Dede Trie Kurniawan. (2023). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2504

Wahyuni, S., Vernia, D. M., Hermanto, H., Mubasyira, M., & Pamungkas, A. D. (2022). Pengenalan Kewirausahaan Pada Siswa Smp. Community Development Journal :JurnalPengabdianMasyarakat, 2(3), 683–690. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2390

Wulandari, A. B., Risnanosanti, & Rustinar, E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(09), 1110– 1117https://journal.mediapublikasi.id/index.php/ amma

Diterbitkan

2023-12-01
Abstrak viewed = 70 times