Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Manajemen Distribusi Produk Home Industri Ranginang Pada Usaha Mandiri Warga Cikeas Udik Kabupaten Bogor

Pelatihan Manajemen Distribusi Produk Home Industri Ranginang Pada Usaha Mandiri Warga Cikeas Udik Kabupaten Bogor

Penulis

  • Hasanudin Hasanudin Universitas Medika Suherman
  • Rizky Muyasar Universitas Medika Suherman

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i1.4667

Abstrak

Abstrak

Tujuan diadakannya pelatihan manajemen distribusi dan promosi produk home industry ranginang pada usaha bersama warga Cikeas Udik ini diharapkan akan memberikan wawasan baru dalam memasarkan produk ranginang melalui kegiatan promosi dan distribusi yang tepat. Pemahaman yang baik terhadap manajemen distribusi ini selain dapat membuat home industry tersebut dapat meningkatkan volume penjualan, juga bisa mengembangkan usahanya sehingga bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Cikeas Udik. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum memahami manajemen distribusi dan pengetahuan promosi yang masih minim, sehingga pemasaran produknya terbatas. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi, diskusi tanya jawab dan evaluasi dengan pre-test dan post-tes mengenai manajemen distribusi dan rangkaian promosi. Penerapan manajemen distribusi dengan saluran distribusi intensif dimana barang yang dipasarkan bisa menyebarluas dan dapat menjangkau semua lokasi calon konsumen dan penerapan kegiatan promosi dengan menggunakan sosial media, menawarkan produk tester secara gratis, memberi insentif untuk rekomendasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan kemampuan peserta dan memicu motivasi untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan penjualan yang signifikan dipicu oleh kegiatan promosi dan distribusi dibanding dengan sebelum pelatihan.

Referensi

Abdulah Thamrin, T. F. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-6). PT. RajaGrafindo Persada, Depok.

Ayu, I., Suwiprabayanti, G., Jayaningsih, A. A. R., & Suhardiyani, P. E. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI ONLINE. 5(5), 7–9.

Fadhilah, N. (2020). Strategi Manajemen Distribusi Islam Dalam Mengatasi Krisis Ekonomi Akibat. 2(4), 242–251.

Handajani, L., Furkan, L. M., & Mataram, U. (2019). PENGGUNAAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK DI DESA SIGERONGAN KABUPATEN. 6.

Handayani, R. D. (2021). Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Strategi Price, Promotion, Dan Distribusi Pada Kelompok Wanita Tani Cigiringsing Berkebun Dalam Memasarkan Hasil Kebun. 3, 16–24.

Irviani, R., Mukodimah, S., Informasi, S. S., Studi, P., & Informatika, M. (2020). PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK HASIL HOME INDUSTRY BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN IBU RUMAH TANGGA DI. 1(2), 55–68.

Khairi, A., & Syahwani, I. (2020). Pelatihan Online Membuat Brosur Melalui Imooji untuk Mendukung Promosi UMKM Selama Pandemi Covid-19 ( Online Training of Making Brochures Through Imooji to Support The Promotion of The MSMEs During Pandemic. 2(November), 957–965.

Kusumawardhani, Y., Syamsun, M., Sukmawati, A., Manajemen, M., Ekonomi, F., Bogor, I. P., Manajemen, D., Ekonomi, F., & Bogor, I. P. (2015). Model Optimasi dan Manajemen Risiko pada Saluran Distribusi Rantai Pasok Sayuran Dataran Tinggi Wilayah Sumatera. 10(1), 34–44.

Noeris, A. D. R. M. F. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP Andi Dwi Riyanto1 , Muhammad Faiz Noeris 2 1STMIK AMIKOM Purwokerto . Email : andi@amikompurwokerto.ac.id media digital dalam melakukan promosi . Berdasarkan data. 2(2), 53–58.

Rahmattia, D., & Rinawati, R. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk warung salse. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(1), 73–81. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9437

Ramaditya, Muhammad, S. E. F. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. 2(1), 48–54.

Reinette, M., & Mantur, H. (2019). PKM Manajemen Usaha Dan Sistem Distribusi Hasil Pertanian Barito Di Desa Tumaratas Langowan DAYA SAINS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2, 37–44.

Siregar, D. L., Fauzi, R., & Batam, U. P. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEB , PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN. 2, 16–24.

Veronica, M. (2019). PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TALANG JAMBE PALEMBANG. 3(1), 73–78.

Diterbitkan

2022-01-30
Abstrak viewed = 93 times