PENDAMPINGAN PENINGKATKAN UMKM DI DESA SITUSARI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI KRIPIK PISANG

Authors

  • Wilarso Universitas Muhammadiyah Cileungsi
  • Aswin Domodite Universitas Muhammadiyah Cileungsi

Keywords:

UMKM; Produk pisang: menggunakan alat manual.

Abstract

UMKM di lingkungan Desa Situsari sering mengalami kendala dalam hal peningkatan produksi rumahan, dimana hasil produksi tersebut belum mempunyai nilai jual yang baik. Usaha yang dijalan saat ini di UMKM baru usaha keripik pisang, yang dipasarkan dikomplek perumahan, belum menyebar ke berbagai berbagai RT maupun RW. Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan, untuk mengetahui kendala yang terjadi, untuk memberikan solusi kedepannya bisa lebih baik lagi. Adapun metode dalam pengabdian, studi kasus terhadap hasil produksi pembuatan kripik pisang. Hasil pengabdian kepada masyarakat saat kunjungan di dapatkan dalam kunjungan di UMKM Desa Situsari, 1. Belum adanya produk halal dalam hal proses memasak gulai kambing untuk akikah, maupun acara hajatan, 2. Pembuatan kripik pisang masih menggunakan alat manual, dengan cara motong menggunakan alat seadanya. 3. UMKM hanya 1 bahan yang di olah untuk dijadikan suatu makanan camilan. Penelusuran yang dilakukan memberikan solusi untuk perbaikan yang menjadikan prioritas, meningkatkan produksi kriping pisang. Dimana bahan baku pisang di daerah cileungsi dan sekitanya masih banyak didapatkan.

References

Ajib, Moh, and Ahmad Habiburrahman Aksa. 2023. “Dampak Perkembangan Teknologi Pertanian Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Petani.” Al-I’timad: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam 1(1): 19–41. doi:10.35878/alitimad.v1i1.725.

Bakhri, Syaeful, and Vuvut Futiah. 2020. “Pendampingan Dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 2(2): 59. doi:10.32493/jls.v2i2.p59-70.

BPS, Statistik Pertanian Hortikultura SPH/BPS-Statistics Indonesia, Agricultural Statistic for Horticulture SPH. 2024. “Produksi Buah-Buahan Dan Sayuran Menurut Jenis Tanaman Menurut Kecamatan Di Kabupaten Bogor, 2023.” https://bogorkab.bps.go.id/id/statistics-table/3/U0dKc1owczVSalJ5VFdOMWVETnlVRVJ6YlRJMFp6MDkjMw==/produksi-buah-buahan-menurut-jenis-tanaman-menurut-kecamatan-di-kabupaten-bogor--2023.html?year=2023.

Burhanudin, B, A Farihin, and Karyono. 2024. “Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Kripik Pisang Di Desa Compreng Dalam Era Digitalisasi.” SocServe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(April): 75–82. https://journals.sanusantara.com/index.php/SocServe/article/view/59.

C. Tri Widiastuti, Guruh Mulia Widayat, Dina Kharisma, Elisa Teguh Prasetyani, and Diaz Fajar Ilyasa Fatkhur. 2022. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG.” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 04(01): 1–8. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279/151.

Halim, Abdul. 2020. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan 1(2): 157–72. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39.

Irana Dewi Lubis, Desy, Ade Rahma Ayu Siregar, and Burhan Ramadhan. 2024. “Desy Irana Dewi Lubis et Al| Meningkatkan Kreativitas UMKM Dan Pendapatan Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 13–19. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare.

M. Arya Abdillah, and Dewi Deniaty Sholihah. 2023. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM Guna Mendukung Tercapainya SDGS Desa Kewirausahaan Di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar.” Jurnal Nusantara Berbakti 1(4): 25–32. doi:10.59024/jnb.v1i4.191.

Maulidah, Faizah Laila, and Renny Oktafia. 2020. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Mikro Serta Dampaknya Bagi Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Kweden Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo (Menurut Pandangan Maqashid Syariah).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6(3): 571. doi:10.29040/jiei.v6i3.1211.

Sugiarto, Eddy Cahyono. 2021. “Kewirausahaan UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi.” Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Supardi, Ayi, and Ganda Wijaya. 2023. “Meningkatkan Kinerja UMKM Melalui Pendampingan Manajerial.” Jurnal Peradaban Masyarakat 3(3): 2023. https://journal-stiehidayatullah.ac.id/index.php/peradaban.

Suparjiman, Iis Dewi Fitriani, Adi Pratama, Ahmad Nabil Quthb, Fakhri Fadhlurrahman, Fatharani Sativa Dewi Iwan, Raden Achmad Muhammad Hisyam, et al. 2024. “Digitalisasi UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Online Di Desa Sindangpanon.” BEMAS: Jurnal Bermasyarakat 4(2): 391–98. doi:10.37373/bemas.v4i2.810.

Supriadi, Ferry Afriansyah Putra, Efni Anita, and Faturahman Faturahman. 2023. “Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Sak-Emkm.” Al Dzahab 4(2): 112–21. doi:10.32939/dhb.v4i2.2464.

Surya, Awang, Sekolah Tinggi, and Teknologi Muhammadiyah. 2021. “Analisis Faktor Penghambat Umkm Di Kecamatan Cileungsi.” 11: 342–50.

Susilo, Edy, Nurhidayati Nurhidayati, and Diah B Setiati. 2023. “Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Pemasaran Dan Keuangan Untuk Mendukung Kemandirian Ekonomi Santriwati Pondok Pesantren Nurus Sunah.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 5(2): 422. doi:10.32493/j.pdl.v5i2.28106.

Wani’matus Sholihah. 2025. “Tantangan Dan Peluang Transformasi Digital.” 3(7).

Widiastuti, Tri, Guruh Mulia Widayat, Dina Kharisma, Elisa Teguh Prasetyani, and Diaz Fajar Ilyasa Fatkhur. 2022. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG.” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 4(1). doi:10.29040/budimas.v4i1.3261.

Published

2025-12-04
Abstract viewed = 0 times