PELATIHAN KONTEN KREATIF ISLAMI UNTUK KADER PEMUDA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH DAN KEMANDIRIAN EKONOMI

Authors

  • Apriyal Fakih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuli Setiowati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Primadiyanti Arsela Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Veri Febrian Aminullah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Putra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

konten kreatif, media dakwah, kemandirian ekonomi.

Abstract

Sebagai salah satu kelompok pemuda Islam terbesar di Indonesia, Pemuda Muhammadiyah memainkan peran penting dalam memanfaatkan kekuatan untuk mempromosikan prinsip-prinsip Islam dan membantu para anggotanya mencapai otonomi ekonomi.. Namun, tidak sedikit kader belum memiliki kompetensi dalam memproduksi konten kreatif Islami yang menarik dan efektif, serta minim dalam memproteksi peluang media digital sebagai sarana untuk berwirausaha. Metode yang digunakan adalah melalui sosialisasi langsung kepada kader Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Paser, melibatkan Influencer lokal, melakukan praktik langsung pembuatan konten dan pendampingan dalam mengidentifikasi peluang monetisasi konten dan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini berhasil memberikan pengetahuan dan kesadaran kader Pemuda Muhammadiyah terhadap potensi media digital sebagai sarana dakwah yang efektif dan alat untuk kemandirian ekonomi. Memahami pentingnya dakwah digital dan peluang usaha yang dapat diciptakan melalui konten Islami. Kader juga menunjukkan minat yang besar terhadap dari kegiatan ini. Memberikan peluang baru bagi kader Pemuda Muhammadiyah, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum memiliki pengalaman dalam dakwah digital atau kewirausahaan berbasis digital. Terbentuk kelompok-kelompok kecil yang mulai memproduksi dan mempublikasikan konten secara mandiri.

References

Dronyuk, I., Moiseienko, I., & Gregusml, J. (2019). Analysis of creative industries activities in european union countries. Procedia Computer Science, 160, 479–484. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.061

Mashar, R., & Hastuti, D. (2021). The empowerment of the Nasyiatul Aisyiyah as parenting trainers for ‘Ibu Bakoh Keluarga Kokoh’. Community Empowerment, 6 (10), 1816–1822 https://doi.org/10.31603/ce.5226

Muhammadiyah.or.id. Pemuda Muhamamdiyah. Diakses pada 20 Juli 2025, dari http://arsip.muhammadiyah.or.id/content-83-det-pemuda-muhammadiyah.html

Royani. (2022). Aplikasi Pembinaan Organisasi masyarakat pada Bidang Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Masyarakat dan Ekonomi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimanta Selatan. (Tesis Diploma, Universitas Islam Kalimantan). https://eprints.uniska-bjm.ac.id/10629/1/ARTIKEL%20ATIKA%20ROYANI.pdf

Rosyadi, S., Sabiq, A., Ahmad, A. A., & Yamin, M. (2021). The Cross-Sector Collaboration for Development Policy of Rural Creative Economy: The Case of Bengkoang Creative Hub. Journal of Governance and Public Policy, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jgpp.811339

Pimpina Pusat Muhammadiyah. (2009). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.

Published

2025-08-02
Abstract viewed = 0 times