PENYULUHAN KEDUDUKAN GENERASI ALPHA DI SDN 100110 DESA BATU NANGGAR MELALUI METODE PARTICIPATION ACTION RESEARCH

Authors

  • Fuji Pratami STAIN Mandailing Natal
  • Willy Akmansyah Lubis STAIN Mandailing Natal
  • Arsy Putri STAIN Mandailing Natal
  • Annisa Putri Siregar STAIN Mandailing Natal
  • Yuhanna Yuhanna STAIN Mandailing Natal
  • Handayani Handayani STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5941

Abstract

Generasi alpha berperan sebagai suatu golongan yang memiliki keunggulan yang dapat dengan mudah mengakses kemajuan teknologi kontemporer. Dengan bakat keunggulan yang dimiliki oleh mereka para generasi alpha perlu untuk diberikan edukasi untuk dapat menyadarkan mereka akan potensi-potensi yang ada pada dirinya. Dilakukan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang mendidik terhadap generasi alpha agar dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan yang ada pada dirinya. Sebab generasi alpha jika dibimbing dengan baik dan benar maka besar kemungkinan akan menjadi suatu individu yang akan memegang sistem peradaban di masa depan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah dengan menggunakan metode participation action research (PAR) dengan melibatkan masyarakat Desa Batu Nanggar yang tergolong ke dalam generasi alpha sebagai peserta kegiatan pengabdian. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan pengabdian dilaksanakan yaitu peserta memiliki kesadaran akan dirinya sendiri, dapat mengetahui bakat yang sudah ada dalam dirinya yang dipengaruhi oleh kedudukannya sebagai generasi alpha serta dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

 

Kata Kunci: penyuluhan, generasi alpha, participation action research

References

BPS. (2021). Kecamatan Batang Onang dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Padang Lawas Utara.

Evriza, E., Dewi, D. K., Santi, Y., Simabur, L. A., Syafrony, A. I., Saputra, A. H., Wijayanti, S. W., R, D. M., Junaidi, D., Hadiningsih, S. T., Komuna, A. P., Julianti, E., & Hadianti, S. (2021). Perspektif Milenial Seri 2: Pejuang Masa Depan. Universitas Terbuka.

Ibrahim, A. L., Pratiwi, D. K., Suprima, Kusuma, A. D., & Audrye, R. (2022). Pendidikan Antikorupsi Terhadap Generasi Alpha Menggunakan Pendekatan Bela Negara. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 82–89.

Manuel, R. A., & Sutanto, A. (2021). Generasi Alpha : Tinggal Diantara. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1). https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10468

Purnama, S. (2018). Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha, 1(1), 1–556.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.

Redaksi, T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Kebahasaan.

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22.

Published

2023-12-25
Abstract viewed = 43 times