The COUNSELING ON THE POSITION OF THE ALPHA GENERATION IN BATU NANGGAR VILLAGE THROUGH PARTICIPATION METHOD ACTION RESEARCH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5941Abstrak
Generasi alpha berperan sebagai suatu golongan yang memiliki keunggulan yang dapat dengan mudah mengakses kemajuan teknologi kontemporer. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang mendidik terhadap generasi alpha agar dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan yang ada pada dirinya. Sebab generasi alpha jika dibimbing dengan baik dan benar maka besar kemungkinan akan menjadi suatu individu yang akan memegang sistem peradaban di masa depan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah dengan menggunakan metode participation action research (PAR) dengan melibatkan masyarakat Desa Batu Nanggar yang tergolong ke dalam generasi alpha sebagai peserta kegiatan pengabdian. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan pengabdian dilaksanakan yaitu peserta memiliki kesadaran akan dirinya sendiri serta mengetahui bakat yang sudah ada dalam dirinya yang dipengaruhi oleh kedudukannya sebagai generasi alpha.
Kata Kunci: Penyuluhan, Generasi alpha, Participation action research
Referensi
BPS. (2021). Kecamatan Batang Onang dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Padang Lawas Utara.
Evriza, E., Dewi, D. K., Santi, Y., Simabur, L. A., Syafrony, A. I., Saputra, A. H., Wijayanti, S. W., R, D. M., Junaidi, D., Hadiningsih, S. T., Komuna, A. P., Julianti, E., & Hadianti, S. (2021). Perspektif Milenial Seri 2: Pejuang Masa Depan. Universitas Terbuka.
Ibrahim, A. L., Pratiwi, D. K., Suprima, Kusuma, A. D., & Audrye, R. (2022). Pendidikan Antikorupsi Terhadap Generasi Alpha Menggunakan Pendekatan Bela Negara. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 82–89.
Manuel, R. A., & Sutanto, A. (2021). Generasi Alpha : Tinggal Diantara. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1). https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10468
Purnama, S. (2018). Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha, 1(1), 1–556.
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.
Redaksi, T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Kebahasaan.
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.