The COUNSELING ON THE POSITION OF THE ALPHA GENERATION IN BATU NANGGAR VILLAGE THROUGH PARTICIPATION METHOD ACTION RESEARCH

Penulis

  • Fuji Pratami STAIN Mandailing Natal
  • Willy Akmansyah Lubis STAIN Mandailing Natal
  • Arsy Putri STAIN Mandailing Natal
  • Annisa Putri Siregar STAIN Mandailing Natal
  • Yuhanna Yuhanna STAIN Mandailing Natal
  • Handayani Handayani STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i3.5941

Abstrak

Generasi alpha berperan sebagai suatu golongan yang memiliki keunggulan yang dapat dengan mudah mengakses kemajuan teknologi kontemporer. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang mendidik terhadap generasi alpha agar dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan yang ada pada dirinya. Sebab generasi alpha jika dibimbing dengan baik dan benar maka besar kemungkinan akan menjadi suatu individu yang akan memegang sistem peradaban di masa depan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah dengan menggunakan metode participation action research (PAR) dengan melibatkan masyarakat Desa Batu Nanggar yang tergolong ke dalam generasi alpha sebagai peserta kegiatan pengabdian. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan pengabdian dilaksanakan yaitu peserta memiliki kesadaran akan dirinya sendiri serta mengetahui bakat yang sudah ada dalam dirinya yang dipengaruhi oleh kedudukannya sebagai generasi alpha.

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Generasi alpha, Participation action research

Referensi

BPS. (2021). Kecamatan Batang Onang dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Padang Lawas Utara.

Evriza, E., Dewi, D. K., Santi, Y., Simabur, L. A., Syafrony, A. I., Saputra, A. H., Wijayanti, S. W., R, D. M., Junaidi, D., Hadiningsih, S. T., Komuna, A. P., Julianti, E., & Hadianti, S. (2021). Perspektif Milenial Seri 2: Pejuang Masa Depan. Universitas Terbuka.

Ibrahim, A. L., Pratiwi, D. K., Suprima, Kusuma, A. D., & Audrye, R. (2022). Pendidikan Antikorupsi Terhadap Generasi Alpha Menggunakan Pendekatan Bela Negara. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 82–89.

Manuel, R. A., & Sutanto, A. (2021). Generasi Alpha : Tinggal Diantara. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1). https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10468

Purnama, S. (2018). Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha, 1(1), 1–556.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.

Redaksi, T. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Kebahasaan.

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25
Abstrak viewed = 45 times