PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGOLAHAN DATA PENELITIAN BAGI MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PROGRAM R

Authors

  • Nurul Hidayati Universitas Bengkulu
  • Sigit Nugroho Universitas Bengkulu
  • Jose Rizal Universitas Bengkulu
  • Nur Afandi Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.5879

Abstract

Open Sourse R  adalah suatu software statistika yang popular, lengkap, dan berlisensi gratis sehingga terhindar dari tuntutan hukum saat mengolah dan menganalisis data hasil penelitian serta memiliki visualisasi grafik yang lebih canggih dan menarik dibandingkan software Statistika lainnya. Oleh karena itu, tim pengabdian tertarik untuk melakukan kegiatan pengabdian untuk memberikan pelatihan pengolahan data penelitian melalui program R bagi mahasiswa di Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UIN-FAS), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Prodi Tadris IPA, dan Prodi Tadris Matematika. dikarenakan mahasiswanya belum mengenal program R dalam pengolahan data. Tujuan dari kegiatan PPM yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang teknik pengoperasian program R dalam pengolahan data penelitian dan  meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasikan hasil dari pengolahan data statistik berbasis penelitian. Tahapan-tahapan dalam kegiatan ini, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi (pre test dan post test). Evaluasi kegiatan yaitu pre test dan post test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara pre test dan post test. Hal ini mengindikasikan bahwa ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengolahan data dengan menggunakan program R pada mahasiswa. Jadi, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa kegiatan PPM ini dikatakan cukup berhasil dalam menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan bagi mahasiswa.

 

Kata Kunci: statistika, program, data

References

Fikri, M. El. (2019). Pelatihan Analisis Data Berbagai Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pengolahan Data Penelitian Berbasis Program SPSS.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Statistika Dengan Software R Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Statistika dengan R. Deepublish.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Statistika dengan Vol 4 No 1, Februari 2021 161. Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 81–87.

Suhartono. (2008). Modul Perkuliahan Analisis Data Statistik ITS dengan R. Jurusan Statistika ITS.

Verzani. (2018). simpleR Using R for Introductory Statistics, dilihat tanggal 20 Maret 2018 di https://cran.r-project.org/doc/contrib/Verzani-SimpleR.pdf.

Published

2024-04-01
Abstract viewed = 37 times