Upaya Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Penelitian Bagi Mahasiswa Melalui Pelatihan Program R

Penulis

  • Nurul Hidayati Universitas Bengkulu
  • Sigit Nugroho Universitas Bengkulu
  • Jose Rizal Universitas Bengkulu
  • Nur Afandi Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.5879

Abstrak

Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan baik dosen maupun mahasiswa adalah penelitian. Penelitian merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi. Bagi mahasiswa akhir, salah satu syarat dalam mencapai gelar sarjana yaitu harus menulis karya tulis ilmiah berupa skripsi yang merupakan produk dari hasil penelitian yang dilakukan. Fase utama dalam proses penelitian adalah analisis data, karena peneliti dapat menarik kesimpulan dan membuat generalisasi kerangka konsep atau teori yang digunakannya. Pengolahan data yang salah akan menghasilkan kesimpulan atau menafsirkan hasil penelitian yang salah pula. Peningkatan pengetahuan tentang analisis data dapat dilakukan dengan pelatihan penggunaan aplikasi statistika yaitu Software Open Sourse R. R merupakan software Statistika yang popular, lengkap, dan berlisensi gratis sehingga terhindar dari tuntutan hukum saat mengolah dan menganalisis data hasil penelitian serta memiliki visualisasi grafik yang lebih canggih dan menarik dibandingkan software Statistika lainnya. Inilah yang menjadi dasar bagi tim pelaksana melakukan kegiatan pengabdian untuk memberikan Pelatihan pengolahan data melalui program R bagi mahasiswa di Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UIN-FAS), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Prodi Tarbiyah Bahasa Indonesia, Prodi Tarbiyah IPA, dan Prodi Tarbiyah Matematika. dikarenakan mahasiswanya belum mengenal program R dalam pengolahan data. Mereka hanya menggunakan program pengolahan data yang umum seperti program SPSS. Tujuan dari kegiatan PPM yaitu  mempopulerkan program R di lingkungan mahasiswa UIN-FAS dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang teknik pengoperasian program R dalam melakukan analisis data penelitian. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan kegiatan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi (pre test dan post test). Hasil analisis data dari evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pre test dan post test, yang artinya ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengolahan data dengan menggunakan program R pada mahasiswa. Demikian dapat dikatakan kegiatan ini cukup berhasil dalam menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan bagi mahasiswa.

Referensi

Fikri, M. El. (2019). Pelatihan Analisis Data Berbagai Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pengolahan Data Penelitian Berbasis Program SPSS.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Statistika Dengan Software R Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Statistika dengan R. Deepublish.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Statistika dengan Vol 4 No 1, Februari 2021 161. Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 81–87.

Suhartono. (2008). Modul Perkuliahan Analisis Data Statistik ITS dengan R. Jurusan Statistika ITS.

Verzani. (2018). simpleR Using R for Introductory Statistics, dilihat tanggal 20 Maret 2018 di https://cran.r-project.org/doc/contrib/Verzani-SimpleR.pdf.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01
Abstrak viewed = 28 times