PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RW 12 DESA CIWARUGA DALAM MEMANFAATKAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Authors

  • Euis Sartika Politeknik Negeri Bandung
  • Siti Yuliah Politeknik Negeri Bandung
  • Sri Murniati Politeknik Negeri Bandung
  • Fatmi Hadiani Politeknik Negeri Bandung
  • Anie Lusiani Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5575

Abstract

Sampah meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan penduduk. Jumlah pendatang di wilayah RW 12 Desa Ciwaruga yang berpenduduk padat, makin menambah tumpukan sampah. Belum lagi, kepedulian masyarakat akan sampah masih kurang, terbukti dari pembuangan sampah sembarang. Kondisi ini memicu masalah baru, pemandangan yang tidak sedap serta polusi asap pembakaran. Berdasarkan wawancara dengan warga, di wilayah ini belum pernah diadakan sosialisasi pemanfaatan sampah, dan belum mempunyai sistem pengelolaan sampah mandiri. Politeknik Negeri Bandung sebagai instansi pendidikan yang berlokasi di desa Ciwaruga, melalui unit Pengabdian kepada Masyarakat bermaksud membantu menyelesaikan permasalahan. Solusi yang ditawarkan : sosialisasi pemilahan sampah, pelatihan pengelolaan sampah anorganik menjadi produk daur ulang dan Ecobrics, pemanfaatan sampah organik melalui pupuk, dan pendirian Bank Sampah yang memberi manfaat menambah penghasilan, sekaligus meminimalisir sampah. Metode pendekatan yaitu : pelatihan, Bimtek, pendampingan, dan evaluasi. Berdasarkan kuesioner, pengetahuan awal peserta mengenai persampahan cukup baik, begitu juga dengan sikap mencapai persentasi masing-masing 83% dan 80%. Sedangkan persentasi tindakan peserta dalam menangani sampah masih mencapai 60%. Untuk itu, hasil kegiatan diarahkan agar aktivitas masyarakat sudah mulai memilah sampah sejak dari rumah. Kresek sebagai sampah dominan diolah menjadi produk daur ulang yakni dompet, tas, sandal, dan Ecobrics. Sampah organik diolah menjadi pupuk dan hasilnya dimanfaatkan untuk media tanaman pekarangan. Bank sampah RW 12 dengan nama “ Parigi Lame Cempaka 12 Berseri” sudah terbentuk berikut kepengurusannya. Penyelesaian permasalahan sampah harus secara menyeluruh (organik dan anorganik) serta harus melibatkan seluruh komponen, tidak hanya pemerintah, tetapi, instansi lainnya, serta masyarakat, termasuk keberlangsungan aktivitas bank sampah.

Kata Kunci: sampah organik dan anorganik, bank sampah, Ecobrics

Author Biographies

Siti Yuliah, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Bahasa Inggris

Sri Murniati, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara

Fatmi Hadiani, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Keuangan & Perbankan

Anie Lusiani, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Teknik Mesin

References

Abusamah, M. Ghufron, and Wahjoerini Wahjoerini. 2023. “Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dengan Cara Pilah Sampah Di Desa Pidodowetan Kabupaten Kendal.” Jurnal Pengabdian KOLABORATIF 1(1):49–55.

Arico, Zulfan, and Sri Jayanthi. 2018.

“Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan

Ekonomi Masyarakat Pesisir.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–6.

Asih, Hayati Mukti, and Syifa Fitriani. 2018. “Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi

Ecobrick.” Jurnal Ilmiah Teknik Industri 17(2):144–50.

Badan Pusat Statistik. 2018. “Statistik Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI) 2018.” Badan Pusat Statistik/BPS– Statistics Indonesia 1–43. doi: 3305001.

Biro Hukum Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2019. “Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor:P.75/Menlhk/Setjen/Kum.1/10/2019.” Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Dhewy, Risdiana Chandra. 2020. “Solusi Cerdas Untuk Pengelolaan Sampah Plastik Melalui Pelatihan Ecobrick Di Desa Jiken Kecamatan Tulangan.” Jurnal Padi (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia) 3(1):7–12.

Direktorat Jendral Pengelolan Sampah, Limbah, dan B3. 2021. “Laporan Kinerja 2021.” Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Farin, Syifa Evania. 2021. “Penumpukan Sampah Plastik Yang Sulit Terurai Berperngaruh Pada Lingkungan Hidup Yang Akan Datang.” Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Fauzi, Rizal Ula Ananta, and Eka Resty Novieta Sari. 2018. “Analisis Usaha Budidaya Maggot Sebagai Alternatif Pakan Lele.” Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 7(1):39–46.

Laia, Kennial. 2020. “Mengurangi Sampah Makanan Selama Pandemi.” LIPI. 2021. “Pusat Penelitian OseanografiLIPI.” Puslit Oseanografi LIPI 36:377– 92.

Qomariah, Nurul, and Nursaid Nursaid. 2020. “Sosialisasi Pengurangan Bahan Plastik Di Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1(1):43–55.

Ristya, Trisnawati Oky. 2020. “Penyuluhan Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R Dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga.” Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 4(2):30–41.

Rosyid, N. U. 2020. Ekoliterasi Mangrove. SPASI MEDIA. Suryani, Anih Sri. 2014. “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang).” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 5(1):71–84.

Downloads

Published

2023-08-17
Abstract viewed = 76 times