PEMANFAATAN PEKARANGAN DENGAN METODE AGROPANCASULA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DAN HEWANI KELUARGA

Authors

  • Edi Efrita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anton Feriady Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Novitri Kurniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elni Mutmainnah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ririn Harini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Permasalahan ketahanan pangan merupakan salah satu masalah yang harus ditangani secara bersama. Permasalahan ini harus didukung secara aktif baik pemerintah maupun masyarakat. Ketahanan pangan adalah suatu keadan terpenuhi dan terjaminnya kebutuhan pangan bagi setiap anggota rumah tangga baik dari segi mutu, keamanan, pemerataan dan keterjangkauan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Tanjung Agung Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi dan pengetahuan untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal agar dapat meningkatkan pangan skala rumah tangga menggunakan metode “agropancasula”. Diharapkan kegiatan ini masyarakat memiliki solusi dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang belum optimal, selain itu juga dapat membantu tersedianya pangan, obat – obatan dan protein hewani skala rumah tangga yang tentunya berpotensi akan menambah pendapatan keluarga.

Kata Kunci: Pekarangan, Ketahanan Pangan, Agropancasula

References

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2022. “Laju Pertumbuhan Penduduk (Persen), 2020-2022.”

https://www.bps.go.id/indicator/12/1976/1/laju-pertumbuhan-penduduk.html, akses pada 20 Maret 2023

Di, Tangga, and Desa Curug. 2022. “SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN RUMAH.” 2:68–72.

Ekawati, Rahmatullah Rizieq, and Hery Medianto Kurniawan. 2020. “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Rumah Tangga Melalui Metode Vertikultur.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3):454–60. doi: 10.31849/dinamisia.v4i3.4133.

de Galiza Barbosa, Felipe, Samuel J. Galgano, Ariel L. Botwin, Aline Bobato Lara Gongora, Giovanna Sawaya, Ronaldo H. Baroni, and Marcelo A. Queiroz. 2022. “Genitourinary Imaging.” Clinical PET/MRI 289–312.

Hafid, Abd, Andi Ira Lestari, A. Kamrida, Arina Puspitasari, and Arviandi Marsuki. 2021. “Kuliah Kerja Nyata Pemanfaatan Pekarangan Rumah.” Susilawati, 1:68–77.

Nurlina, Adnan, and Safrizal. 2019. “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Desa Blang Batee Kabupaten Aceh Timur.” Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):97–107.

Nurwati, Niken, Surtinah, and Amalia. 2015. “Analisis Pemanfaatan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.” Jurnal Ilmiah Pertanian 11(2):1–8.

Purwantini, Bastuti. 2012. “MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN Potential Use of Backyard Land for Food Security.” 13–30.

Yunia, M. K., and R. Azis. 2021. “Pemanfaatan Pekarangan Dalam Meningkatkan Perekonomian Dan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Subang.” Proceedings Uin Sunan … (November).

Downloads

Published

2022-04-20
Abstract viewed = 51 times