PELATIHAN MANAJEMEN DISTRIBUSI PRODUK HOME INDUSTRI RANGINANG PADA USAHA MANDIRI WARGA CIKEAS UDIK KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Hasanudin Hassan Universitas Medika Suherman
  • Rizky Muyasar Universitas Medika Suherman

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i1.4667

Abstract

Tujuan diadakannya pelatihan manajemen distribusi dan promosi produk home industry ranginang pada usaha bersama warga Cikeas Udik ini diharapkan bisa memberi wawasan baru dalam pemasaran produk ranginang melalui kegiatan promosi dan distribusi yang tepat. Pemahaman yang baik terhadap manajemen distribusi, selain membuat home industry tersebut dapat meningkatkan volume penjualan, juga bisa mengembangkan usahanya sehingga bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Cikeas Udik. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum memahami manajemen distribusi dan minimnya pengetahuan promosi, sehingga pemasaran produknya terbatas. Metode yang diterapkan adalah metode presentasi, diskusi tanya jawab dan evaluasi dengan pre-test dan post-tes. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Desember 2022, dikuti oleh 17 peserta.   Pelatihan mengenai manajemen saluran distribusi dimana barang yang dipasarkan dapat tersebarluas dan menjangkau semua tempat calon konsumen. Sosial media diterapan dalam kegiatan promosi, menyuguhkan tester secara gratis, memberi insentif rekomendasi dan memelihara hubungan baik dengan setiap pelanggan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pegetahuan peserta dan memicu motivasi untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan penjualan yang signifikan dipicu oleh distribusi dan promosi yang tepat dibanding dengan sebelum pelatihan.

Kata Kunci: Distribusi, Promosi dan Home industri

References

Abdulah Thamrin, T. F. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-6). PT. RajaGrafindo Persada, Depok.

Ayu, I., Suwiprabayanti, G., Jayaningsih, A. A. R., & Suhardiyani, P. E. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI ONLINE. 5(5), 7–9.

Fadhilah, N. (2020). Strategi Manajemen Distribusi Islam Dalam Mengatasi Krisis Ekonomi Akibat. 2(4), 242–251.

Handajani, L., Furkan, L. M., & Mataram, U. (2019). PENGGUNAAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK DI DESA SIGERONGAN KABUPATEN. 6.

Handayani, R. D. (2021). Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Strategi Price, Promotion, Dan Distribusi Pada Kelompok Wanita Tani Cigiringsing Berkebun Dalam Memasarkan Hasil Kebun. 3, 16–24.

Irviani, R., Mukodimah, S., Informasi, S. S., Studi, P., & Informatika, M. (2020). PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK HASIL HOME INDUSTRY BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN IBU RUMAH TANGGA DI. 1(2), 55–68.

Khairi, A., & Syahwani, I. (2020). Pelatihan Online Membuat Brosur Melalui Imooji untuk Mendukung Promosi UMKM Selama Pandemi Covid-19 ( Online Training of Making Brochures Through Imooji to Support The Promotion of The MSMEs During Pandemic. 2(November), 957–965.

Kusumawardhani, Y., Syamsun, M., Sukmawati, A., Manajemen, M., Ekonomi, F., Bogor, I. P., Manajemen, D., Ekonomi, F., & Bogor, I. P. (2015). Model Optimasi dan Manajemen Risiko pada Saluran Distribusi Rantai Pasok Sayuran Dataran Tinggi Wilayah Sumatera. 10(1), 34–44.

Noeris, A. D. R. M. F. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP Andi Dwi Riyanto1 , Muhammad Faiz Noeris 2 1STMIK AMIKOM Purwokerto . Email : andi@amikompurwokerto.ac.id media digital dalam melakukan promosi . Berdasarkan data. 2(2), 53–58.

Rahmattia, D., & Rinawati, R. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk warung salse. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(1), 73–81. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9437

Ramaditya, Muhammad, S. E. F. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. 2(1), 48–54.

Reinette, M., & Mantur, H. (2019). PKM Manajemen Usaha Dan Sistem Distribusi Hasil Pertanian Barito Di Desa Tumaratas Langowan DAYA SAINS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2, 37–44.

Siregar, D. L., Fauzi, R., & Batam, U. P. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEB , PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN. 2, 16–24.

Veronica, M. (2019). PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TALANG JAMBE PALEMBANG. 3(1), 73–78.

Published

2022-01-30
Abstract viewed = 62 times