PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DESA PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Rivaldhy N Muhammad Universitas Terbuka
  • M. Jeffri Arlinandes Chandra Universitas Terbuka
  • Meiffa Herfianti Universitas Terbuka
  • Mimi Kurnia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syahriman Universitas Terbuka
  • Siti Hanila Universitas Terbuka

Abstract

Pengembangan ragam bentuk wisata desa dapat disesuaikan dengan keunggulan yang ada dan secara alamiah ada didesa tersebut. Pada dasarnya dana desa dapat digunakan dengan maksimal untuk mengembangkan potensi wisata desa dengan melakukan pembangunan yang bertahap dan terukur. Desa Padang Jaya terletak di Jalan Lintas Bengkulu Utara menuju Kabupaten Lebong. Desa tersebut memiliki potensi di bidang Pertanian, Pekerbunan, Perikanan, Seni budaya dan Pariwista. Sumber Mata Pencaharian utama di Desa Padang Jaya adalah sebagai wiraswasta dan Petani/Kebun, yang sebagian besar adalah petani karet dan sawit juga makanan home industry (aneka jajanan, kerajinan, olahan minuman dan lain-lain). Saat ini desa Padang Jaya sedang melakukan pengembangan desa wisata yaitu desa Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan mengusung konsep Wisata Embung Desa. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk memberikan pelatihan dan pendampingan tentang pemasarandan inovasi, hukum, dan keuangan kepada pengelola dan pelaku home industry. Metode yang digunakan yaitu Learning by doing dengan sistem ceramah, diskusi dan tanya  jawab, serta praktik. Adapun hasil yang terlihat pasca kegiatan yaitu pemasaran telah dilakukan dengan sistem terpadu yaitu produk-produk sudah diletak pada satu etalase dengan pengemasan yang menarik dan memenuhi standar pengemasan yang disertai dengan label dan contact person pelaku usaha yang dipasarkan melalui akun instagram Embung Desa Tirto Darmo

References

Bagus, S. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. JURNAL BAPPEDA LITBANG ISSN, 1(1).

Istanti, L. N., Agustina, Y., Wijijayanti, T., & Dharma, B. A. (2020). Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan UMKM bagi Pengusaha Bakery, Cake, and Pastry di Kota Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 47–55.

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kusumawardhani, R., Kurniawan, I. S., Maulida, A., & Cahya, A. D. (2020). Pelatihan UKM Rumahan Industri Pangan sebagai Upaya Meminimalkan Kendala Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 23. https://doi.org/10.22146/jpkm.46438

Luh, N., Ariani, R., Suksma, M., Devi, P., Hukum, B., Fakultas, K., & Universitas, H. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) YANG BERBENTUK BUKAN PERSEROAN TERBATAS (PT). 1–5.

Muhammad, R. N., Chandra, M. J. A., Nengsih, M. K., Prima, E., & Damarsiwi, M. (2022). PENDAMPINGAN KEUANGAN, PEMASARAN DAN PERIZINAN PRODUK UMKM SERUNI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Padabain, F. A., & Nugroho, S. (2018). Implementasi Program Desa Wisata Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Desa Mas, Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. 5(2), 327–334.

Putra, A. R., & Silfiana. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA MENJADI DESA WISATA EDUKASI DI DESA BUMI JAYA (Studi Kasus Sentra Kerajinan Gerabah Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang). Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 3(1).

Sumampouw, W., Kurnia, K., & Arrobi, I. R. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PASCA BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA. 13(11), 24–39.

Wardi, J., Putri, G. eka, & Liviawati, L. (2020). Pentingnya Penerapan Pengelolaan Keuangan Bagi Umkm. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 56–62. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i1.3250

Downloads

Published

2023-03-21
Abstract viewed = 103 times