PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i3.8458Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran math puzzle terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa serta tes pemahaman konsep matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif mengindikasikan keterlaksanaan media pembelajaran math puzzle pada kelompok eksperimen berkategori “Sangat Baik”. Selain itu, hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t sampel independen mengindikasikan temuan signifikan, yakni adanya perbedaan skor posttest antara kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran gambar dan kelompok eksperimen yang mengaplikasikan media pembelajaran math puzzle. Berdasarkan dari temuan tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran math puzzle terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pecahan siswa kelas IV di Sekolah Dasar Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa.
Kata Kunci: math puzzle, pemahaman konsep matematika, pecahan senilai.
Referensi
Bahar, B., Amrah, A., Latri, L., Faisal, M., & Sahabuddin, E. S. (2021). Penggunaan Media Puzzel Bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM Parepare. Publikasi Pendidikan, 11(2), 170.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).
Jovita, S. M., & Andriana, E. (2022). Analisis Penggunaan Media Puzzle Math Pada Materi Pecahan di Kelas 5 SDN Sinaba Kota Serang Kecamatan Kasemen. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1070–1078.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Maisarah, Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S., Mayasari, Suyuti, Saptadi, N. T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., Imbar, M., Ananingsih, V. K., & Salem, V. (2023). Media Pembelajaran. PT Sada Kurnia Pustaka.
Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163.
Mutmainna, Asfar, I. T., Asfar, I. A., Nurannisa, A., & Handayani, R. (2023). Pemahaman Konsep Siswa Bernuansa Etnomatematika Berbasis Permainan Ethnogames 3D. Eureka Media Aksara.
Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1938–1943.
OECD. (2023). Survey International Program for International Student Assessment (PISA). http://www.oecd.org/pisa.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmadani, E., Syafitri, E., Anim, A., & Sirait, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Puzzle Math Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. CV Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sirait, F. N. S., Panjaitan, M. B., & Thesalonika, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Matematika. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 17–40.
Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo. Pena Persada.