MERANCANG SOAL CERITA MATEMATIKA DASAR BERBASIS KONTEN BUDAYA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i2.7926Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe awal soal cerita matematika dasar berbasis konten budaya Palembang yang mampu mengintegrasikan konsep matematika dasar dengan nilai-nilai kearifan lokal. Pendekatan dengan menggunakan konten budaya memungkinkan pembelajaran matematika menjadi lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Dalam penelitian ini, dilakukan eksplorasi terhadap elemen-elemen budaya Palembang seperti kain songket dan ragam penggunaanya dalam tradisi masyarakat Palembang sebagai dasar pengembangan soal cerita, contohnya eksplorasi dalam budaya pernikahan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Tessmer dan Akker. Penelitian ini dilakukan dalam tahapan preliminary dan prototyping. Pengembangan soal yang dilakukan dibatasi pada tahap prototype 1, hasilnya berupa kumpulan soal cerita matematika dasar berbasis konten budaya Palembang yang valid, valid diperoleh setelah melalui tahapan one to one dan expert review. Soal yang dikembangkan tidak hanya menilai aspek kognitif siswa, tetapi juga memperkuat apresiasi terhadap kearifan lokal.
Kata Kunci: Konten budaya Palembang, matematika dasar, soal cerita
Referensi
Agustine, P. C., Apriani, F., & Juniati, I. (2019). Perancangan Prototype LKS Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inomatika (Inovasi Matematika) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, 1(2), 132–143.
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166.
Akker, J. Van Den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Educational and Training (pp. 1–14). Kluwer Academic Publisher.
Antari, L., Muslimin, & Rohman. (2021). Perancangan Prototype Bahan Ajar Tema Jembatan Ampera dan Sungai Musi Materi Pembagian Kelas II Sekolah Dasar. JPPM FKIP UM Palembang, 05(02), 174–182.
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492–495. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Idrus, L, (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 344.
Inanna, Rahmatullah, & Hasan, M. (2021). Evaluasi pembelajaran: Teori dan Praktek (1st ed.). Tahta Media Grup. http://eprints.unm.ac.id/21188/1/FIX BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Martin Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education andTraining. Kogan Page.
Muslimin, M., Antari, L., Khasanah, R., & Hirza, B. (2022). Konteks Kuliner Tradisional Sumatera Selatan Dalam Lkpd Pmri Berbasis Masalah Open Ended Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6173
Panjaitan, M. C., Kartika, D., Suwanto, F. R., & Niska, D. Y. (2022). Kajian Etnomatematika Motif Songket Melayu Deli Berdasarkan Pola Frieze dan Pola Kristalografi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 5, 675–684. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54708%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54708/21112
Rawani, D., & Fitra, D. (2022). Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(2), 19–26. https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.433
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta.
Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93–115.
Syaifudin, S., Hirza, B., Antari, L., & Rizta, A. (2024). Thematic Teaching Materials of Connected Type Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang Mosque Materials Mathematics for Class II Elementary School. Jurnal Pendidikan AL- Ishlah, 16(June), 892–900. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4125
Tanwir. (2021). Dasar-dasar dan ruang lingkup evaluasi pendidikan. STAIN Parepare, 47–59.
Wahyuni, I. (2019). Buku Ajar Etnomatematika. Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq.Jember, 28.
Wijayanto, Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Budaya Untuk Siswa Smp. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 8(2), 209. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12350
Yuliati, T. (2017). Implementasi Game Guna Mempopulerkan Jajanan Indonesia berbasis Android. Jurnal Unitek, 10(1), 77–87. https://doi.org/10.52072/unitek.v10i1.73