VALIDITAS LKPD DIFFERENSIASI UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

Penulis

  • Supratik Universitas Sriwijaya,Sumatera Selatan, Indonesia
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya,Sumatera Selatan, Indonesia
  • Hapizah Universitas Sriwijaya,Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.7279

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan diferensiasi yang dapat mendukung kemampuan berpikir komputasional siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Computational Thinking (CT), yang meliputi elemen-elemen seperti dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pemecahan masalah kompleks, khususnya dalam konteks pendidikan matematika di tingkat SMA. Pembelajaran berdiferensiasi dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan belajar siswa, memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri dan menyesuaikan pembelajaran dengan gaya dan kemampuan individu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh dosen dan guru dengan menggunakan instrumen angket validitas yang mengevaluasi aspek konten, konstruk, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa nilai validitas LKPD pada aspek konten adalah 4,10 (valid), pada aspek konstruk adalah 4,25 (sangat valid), dan pada aspek bahasa adalah 4,23 (sangat valid). Berdasarkan hasil tersebut, LKPD berbasis diferensiasi pada materi sistem persamaan linier tiga variabel ini dinyatakan valid dan dapat mendukung pengembangan keterampilan berpikir komputasional siswa.

Kata Kunci: LKPD, diferensiasi, computational thinking, valid, sistem persamaan linier tiga variabel

Referensi

Annisa, N., & Darussyamsu, R. (2023). Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 49-57. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/19722

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/35688

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dimas, H., Yusri, R., Cesaria, A., Matematika, P., Pgri, U., & Barat, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Berdiferensiasi Berbasis Project Based Learning pada Materi Trigonometri. Equation, 7(1), 92-103. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5607/4113

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100-108. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/226/181

Fajrina, S., Lufri, L., Ahda, Y., & Alberida, H. (2023). Validity of Project Learning Model Based on STEMS to Improve Creativity in the 21st Century (Vol. 2). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-166-1_3.

Hartono, D. (2021). Korelasi Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 5 Lahat. Jurnal Samudra Geografi, 4(1), 39-44. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsg/article/view/3216

Iksan, K. M., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1900–1910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5716

Kinanti, N., Damris, D., & Huda, N. (2021). Pengembangan Lembar kerja peserta didik berkarakter realistic mathematic education pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 20-35. https://media.neliti.com/media/publications/459017-none-8d195de2.pdf

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25-30. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/668/455

Lufri, L. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Pengembangan. Padang: UNP Press.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21. Madiun: Perpustakan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164

Melindah, V., Zawawi, I., & Huda, S. (2024). Pengembangan LKPD berbasis CT pada pembelajaran berdiferensiasi jenjang SMK. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1049-1057. https://doi.org/10.12345/jiip.v7i1.12345

N. Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246

Ni’am, M. K., Lia, L. ., Salsabila, N. A. ., Fitriyani, N. ., & Sari, N. H. M. . (2022). Pembelajaran Matematika berbasis Computational Thinking di Era Kurikulum Merdeka Belajar. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 66–75. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1097

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1),474-482. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Syahputra, M. R., Jayanthi, S., Mahyuny, S. R., & Khalil, M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa SMA. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(2), 158-165. https://doi.org/10.24815/jbe.v15i2.35489

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. (L. Smith, Ed.) (3rd ed.). Amerika Serikat: Genny Ostertag

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications Of The ACM, 49(3), 33–35. https://www.researchgate.net/publication/274377900_Computational_Thinking

Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366, 3717-3725.https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.6

Diterbitkan

2024-11-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 30 times